4 Penyebab Rambut Rontok

4 Penyebab Rambut Rontok

Rambut Rontok merupakan hal yang sangat menyebalkan bagi anda, terutama jika rontok yang berlebihan.  Rontok biasanya mulai dialami oleh seseorang ketika memasuki usia 30 tahun ke atas. Beberapa riset mengatakan, mengatakan orang-orang berusia 20-an lebih cepat mengalami kerontokan rambut daripada generasi lainnya. Rambut tipis dan bercabang merupakan keluhan yang datang dari banyak kalangan. Meskipun tampaknya normal bagi seseorang jika mengalami kerontokan 50 sampai 100 helai rambut setiap hari. Tapi, pertanyaannya adalah, mengapa itu terjadi bukan?

Berikut adalah 4 penyebab rambut rontok yang sering dialami oleh kebanyakan orang:

  • Genetis

Bentuk, warna dan jenis rambut diturunkan secara genetis. Begitu juga dengan kecenderungan-kecenderungan seperti rambut rontok. Jika anggota keluarga banyak yang memiliki masalah rambut rontok, bisa jadi alasan rambut rontok tak kunjung sembuh adalah karena masalah genetis atau keturunan. Biasanya, perempuan akan mulai mengalami kerontokan rambut di usia 30 hingga 40 tahunan. Hal ini disebabkan perubahan hormon estrogen di dalam tubuh. Walau begitu, tiap orang memiliki kecenderungan masing-masing yang diatur oleh gen. Jika mengalami kerontokan rambut yang masif pada usia dini, faktor genetis bisa menjadi salah satu alasan.

  • Kondisi medis

Ada beberapa kondisi medis yang dapat menjadi alasan di balik kerontokan rambut. Misalnya anemia, penyakit autoimun, infeksi kulit kepala, trikotilomania, dan perubahan hormon.

  • Kebiasaan penataan rambut

Ada beberapa kebiasaan penataan rambut yang berdampak negatif terhadap kesehatan rambut. Misalnya, mengikat rambut terlalu kuat. Mengikat rambut terlalu kuat dalam jangka waktu yang lama dan terus-menerus dapat menyebabkan hair traction, yakni tekanan pada kulit kepala. Kebiasaan penataan rambut lain yang bisa berdampak buruk diantaranya sasak rambut dan ekstensi rambut dalam jangka waktu lama dan konsisten.

  • Stres

Siklus pertumbuhan rambut terdiri dari beberapa fase. Fase yang pertama adalah fase anagen, yakni fase pertumbuhan yang memakan waktu 2 hingga 6 tahun. Fase kedua adalah fase katagen, yakni fase peralihan selama 2 hingga 3 minggu. Kemudian fase ketiga adalah telogen, yakni fase istirahat yang memakan waktu 3 hingga 4 bulan. Fase terakhir adalah fase eksogen dimana rambut lepas. Stres dapat mempercepat siklus ini, yang akhirnya menyebabkan rambut rontok lebih banyak daripada biasanya.

Beberapa kasus diatas dapat diatasi dengan memakaikan toner yang tepat untuk rambut, atau menggunakan shampo yang cocok dengan kulit kepala anda sehingga dapat mengurangi kerontokan pada rambut. Dan jangan lupa untuk menjaga pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan rambut anda sebagai pencegahan kerontokan pada rambut anda di kemudian hari.

Reply