5 Akibat Keputihan Saat Hamil Tua

5 Akibat Keputihan Saat Hamil Tua

Ketika ibu hamil tidak terlepas dari yang namanya keputihan. Keluarnya cairan dari vagina berwarna putih agak kental mirip seperti lendir. Dan ini merupakan kondisi yang normal dan umum dialami setiap wanita. Namun pada dasarnya cairan yang keluar tidak akan keluar jika tidak ada sebabnya. Tujuannya keluar untuk membersihkan dinding vagina dari infeksi bakteri dan mikroorganisme lain sehingga kesehatan organ intim kewanitaan harus dijaga dengan baik. Nah berikut ini kami akan membahasnya apa saja bahaya akibat keputihan saat hamil tua yang dialami beberapa ibu hamil :

  1. Rasanya nyeri saat buang air kecil

Akan muncul rasa nyeri pada saat buang air kecil. Anda harus berhati-hati jika merasakan gejala ini. Adapun dikarenakan adanya infeksi bakteri anda akan menderitakan sakit ketika mengeluarkan urin. Tanda-tanda lainnya yaitu vagina terasa gatal, keputihan berwarna agak abu-abu atau kekuningan.

  1. Rasa sakit yang dirasakan di organ intim

Jika cairan keputihan yang keluar disertakan dengan bau yang tidak sedap dan memiliki tekstur yang kental dan berwarna kuning atau hijau berhati-hatilah karena kemungkinan anda terserang infeksi parasit pada daerah vagina anda. Dan ini menyebabkan rasa sakit yang akan dirasakan diorgan intim anda. Jika ini tidak segera ditangai maka akan beresiko gangguan kesehatan pada janin dan ibu.

  1. Resio bayi premature

Ketika kehamilan sedang anda jalani sekarang dan anda salah satu yang merasakan keputihan saat hamil jangan dianggap sepele. Terutama jika keputihan ini memiliki aroma yang tidak sedap, amin, berwarna keruh dan menimbulkan rasa gatal dan juga nyeri. Bahaya yang akan mungkin terjadi kelahiran bayi premature. Keputihan yang muncul memiliki ciri-ciri yang sama ini disebabkan oleh jumlah bakteri dalam vagina yang berkembang pesat. Dan bisa juga dipicu oleh infeksi jamur candida albicans dan parasit trichomonas vaginalis.

  1. Bayi akan lahir dengan berat badan yang rendah

Bahaya lainnya akibat keputihan abnormal saat hami yaitu bayi lahir dengan berat badan yang renndah. Ini disebabkan oleh infeksi bakteri dan jamur. Jika anda merasakan gatal berlebihan pada vagina disertai dengan keluarnya cairan putih yang keruh maka sebaiknya segera periksakan ke dokter.

  1. Keguguran sampai cacat lahir

Ketika hubungan intim sudah dilakukan harus sekali yang namanya hati-hati karena penyakit seksual rentan di tularkan lewat hubungan intim suami istri. Efeknya tidak hanya menggangu kesehatan ibu namun beresiko pada kecacatan janin. Kecacatan yang bisa terjadi seperti terjadinya keguguran, penurunan cairan ketuban, kerusakan syaraf mata pada janin, radang otak pada janin dan penurunan berat badan janin.

Itu dia beberapa bahayanya akibat dari keputihan saat hamil. sebaiknya jika anda merasakan hal yang aneh atau kejanggalan segera periksakan ke dokter agar penyakit yang tidak diinginkan tidak bersarang atau tumbuh. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat anda jadikan wawasan informasi lebih untuk banyak orang. Semoga anda dan janin tetap sehat selalu ya sampai jalannya persalinan dan tumbuh kembang buah hati.

Reply