5 Cara Mempercepat Pembukaan Persalinan

5 Cara Mempercepat Pembukaan Persalinan

Bunda sedang menanti hal yang paling menyenangkan sekaligus menegangkan yaitu proses persalinan. Ketika dokter kandungan anda sudah memastikan kapan janin diperkirakan akan keluar rasa deg-degan, senang semuanya campur aduk apa yang harus dipersiapkan sudah harus difikirkan dan dipersiapkan dengan suami anda. Bagaimanapun proses kelahiran entah cepat atau lambat pastinya ditentukan dari pembukaan jalan lahir. Pembukaan ditentukan dari terbukanya lebar mulut rahim atau biasa dikenal dengan serviks dan biasanya dihitung 1-10 bukaan.

Ketika si bayi sudah memutuskan untuk keluar dari rahim ibu pastinya mulut lahir akan menjadi lunak dan melebar. Namun tidak perlu khawatir karena tidak semua ibu hamil menjalani proses pembukaan yang cepat atau mudah. Adapula sebagian ibu diluar sana yang mengalami proses pembukaan yang cukup lama. Setiap proses yang akan dilalui ibu dalam melahirkan buah hati ke dunia memiliki perbedaan yang memang berbeda dari yang lainnya mempunyai cerita sendiri. Dan biasanya ibu hamil yang baru pertama kali akan menghadapi persalinan, proses pembukaannya cukup lama terjadi. beda halnya dengan kehamilan anak kedua atau seterusnya yang sebelumnya pernah melahirkan.

Adapun cara mempercepat pembukaan persalinan yang mudah anda dan suami bisa lakukan ini bersama-sama, berikut ini kami akan berikan bagaimana caranya :

  1. Gunakan ball birth

Ini sangat penting dan harus dimiliki bagi ibu hamil. Karena ini benar-benar sangat membantu untuk mengurangi rasa nyeri pada punggung saat kontraksi. Tujuan ball birth ini membantu mempersiapkan otot tubuh untuk proses melahirkan, memberikan pengaruh positif untuk ibu juga dan mempercepat proses pembukaan. Ini adalah cara simple yang bisa anda lakukan bersama suami jika merasakan kesulitan. Ibu bisa duduk di ball birthnya lalu menggerakannya dengan memutar.

  1. Sering jalan kaki

Ini adalah cara yang sangat sederhana disaat sedang menunggu waktu persalinan untuk mengisi waktu kosong anda lakukan hal yang positif yang memang manfaatnya untuk anda sendiri. Gabungan antara gerakan tubuh dan gravitasi akan membantu janin cepat turun ke jalan lahir. Dan tekanan pada kepala janin pada mulut rahim akan membantu mempercepat pembukaan. Ini membantu menstimulasi kontraksi yang kemudian mendorong proses pembukaan. Cobalah anda ditemain suami atau kerabat anda agar jalan santai anda semakin nyaman.

  1. Mandi air hangat

Ada beberapa ibu yang belum tau bahwa ternyata mandi air hangat membuat tubuh dan fikiran menjadi rileks. Ibupun dapat mengurangi rasa khawatir, ketegangan, dan dapat mempercepat kontraksi dan pembukaan jalan lahir. Ini mungkin cara yang sedikit rawan untuk itu ibu harus tetap hati-hati ya saat mandi dikamar mandi. Ibupun bisa dibantu dengan memasang music berirama tenang, ibupun bisa meminta suami untuk mengusapkan dengan lembut. Dan cara ini membantu proses pembukaan persalinan dengan cepat.

  1. Buang air kecil teratur

Ternyata kandungan kemih yang penuh dapat menghambat kontraksi tanpa banyak ibu yang mengetahui ini. Jika buang air kecil ibu tidak teratur maka akan ada tekanan pada serviks yang bisa memperlambat pembukaan jalan lahir. Untuk itu pastikan ibu teratur dan tidak malas untuk buang air kecil teratur.

  1. Olahraga ringan

Selain melakukan berjalan kaki sebagai olahraga yang ringan juga bisa bisa latihan atau olahraga dengan cara naik turun tangga dengan pelan dan tetap hati-hati perhatikan tangga jalan. Ini membantu mempercepat proses pembukaan karena bisa meregangkan dan melebarkan serviks.

Namun jangan melupakan untuk ibu tetap konsultasikan ke dokter tentang berbagai cara yang aman dan sederhana yang bisa dilakukan. Nah semoga artikel kali ini membantu menambah wawasan untuk ibu semakin siap untuk proses persalinan kelak, dan diberikan kelancaran selalu. Selamat mencoba.

Reply