5 Cara Mengatasi Insomnia

5 Cara Mengatasi Insomnia

Tidur merupakan kebutuhan vital untuk tubuh seseorang. Kekurangan tidur ataupun mendapatkan tidur yang tidak berkualitas akan membuat kesehatan tubuh kita terganggu. Seseorang yang kurang tidur akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung yang merupakan penyakit yang berbahaya karena bisa menyebabkan seseorang kehilangan nyawanya.

Selain itu jika kita tidak tidur dalam 3 hari, maka akan menggangu kerja system hormonal dan metabolisme dalam tubuh kita. Namun ada kalanya memulai tidur menjadi hal yang sulit bagi beberapa orang karena mengalami insomnia. Dan kali ini kami akan berbagi tips cara mengatasi insomnia agar tidur lebih berkualitas dan tubuh lebih sehat dan tidak mudah lelah :

  1. Mengkonsumsi obat tidur

Cara sederhana yaitu dengan mengkonsumsi obat tidur. Namun sangat disarankan untuk mengkonsumsi obat herbal yang tidak mengandung kimia. Agar tidak menimbulkan efek samping jika dikonsumsi untuk jangka panjang.

  1. Memilih warna dekorasi yang tepat

Warna dekorasi memegang peranan penting dalam psikologi seseorang. Orang akan lebih merasa nyaman dan tenang jika berada alam ruangan yang berwarna sesuai dengan warna yang mereka sukai. Sebagai saran anda bisa memilih warna biru muda dan hijau muda. Karena warna satu ini lebih bersifat tenang, relaksasi, menyenangkan, damai, dan penuh dengan harapan. Selain itu untuk pencahayaan kita bisa memilih lampu-lampu yang redup dan kalem seperti warna cream untuk yang tidak dapat tidur tanpa tanpa lampu. Atau anda bisa biasakan tidur dengan matikan lampu kamar agar lebih cepat tidur dan bangun dalam keadaan segar.

  1. Pilih kasur yang sesuai

Mengalami susah tidur salah satunya juga bisa disebabkan karena kasur yang tidak sesuai. Pastikan kasur yang anda gunakan untuk tidur itu nyaman dan tidak memberikan tekanan berlebih pada bagian tubuh. Kasur yang nyaman tidak hanya mampu menghilangkan susah tidur saja, tetapi kasur yang nyaman juga baik untuk menopang tulang dan mencegah gangguan pada bagian punggung.

  1. Kurangi cahaya berlebih

Orang yang mangalami susah tidur berakibat gemerlap lampu. Dan survey menyebutkan bahwa 10% orang yang tidur dengan lampu menyala, mereka akan lebih beresiko terkena penyakit-penyakit tertentu. Maka anda dapat mengurangi cahaya lampu agar anda tidak sulit tidur dan mendapatkan tidur yang berkualitas.

  1. Alat elektronik

Sangking kita tidak mau kehilangan alat elektronik kita seperti hp terkadang suka lupa meletakkannya diatas bantal. Ternyata itu tidak baik menyebabkan gangguan susah tidur di malam hari. Untuk itu coba jauhkan gadget dari jangkauan anda saat tidur dan rasakan perbedaannya.

Itu dia beberapa cara mengatasi rambut rontok, masih banyak lagi cara lainnya yang ampuh membuat anda mendapatkan kualitas tidur yang baik. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba.

Reply