5 Cara Mengeluarkan Dahak Dengan Cara Alami

5 Cara Mengeluarkan Dahak Dengan Cara Alami

Batuk adalah penyakit yang sangat sering dijumpai. Penularan sangat cepat dan bukan karena penularan saja namun daya tahan tubuh seseorang yang memang perlu diperhatikan. Batuk merupakan penyakit yang datangnya tidak bisa diprediksi. Mulai dari anak-anak, orang dewasa, dan orang tuapun bisa yang namanya terkena sakit batuk. Berbagai macam jenis batuk mulai dari yang ringan dan berat. Jika anda salah satu yang sedang sakit batuk berat ini tidak boleh dibiarkan dan harus sesegera mungkin periksakan kondisi anda ke dokter. Walaupun sakit batuk memang terlihat sangat sepele namun dapat menjadi penyakit yang berbahaya dan menjengkelkan. Bahkan jika anda sudah berat batuknya orang-orang di sekeliling anda juga merasakan ketidaknyamanan.

Apa ya kira-kira penyebab dari batuk berdahak? Batuk berdahak disebabkan oleh berbagai macam hal dan berbagai macam kondisi.

  1. Infeksi virus lemahnya imun dan daya tahan tubuh menjadikan anda rentan akan penyakit. Dan ini disebabkan dari virus yang menginfeksi. Batuk biasanya berasal dari dahak yang berada didalam tenggorokan.
  2. Infeksi bakteri batuk berdahak disebabkan karena infeksi bakteri bagian tubuh yang terkena infeksi khususnya bagian saluran pernafasan/paru-paru karena adanya dahak ketika batuk yang dapat mengindikasikan adanya penyakit pneumonia, bronchitis, sinusits, maupun TBC.
  3. Adanya penyakit infeksi paru-paru yang sudah lama.
  4. Batuk berdahak sangat mudah menyerang ketika tubuh kita terinfeksi virus dan menyebabkan batuk dan flu. Pada kondisi ini bisa menyebabkan sakit flu semakin parah.
  5. Kebiasaan merokok juga merupakan salah satu pemicu timbulnya batuk berdahak. Asap rokok yang masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan saluran pernafasan terganggu sehingga memicu keluarnya lendir dan kemudian menyebabkan batuk.

Berikut ini adalah cara alami yang bisa dilakukan dibuat dirumah untuk mengeluarkan batuk dahak yang menggangu :

  1. Madu dan jahe

Dua kombinasi yang dipercaya untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Kandungan jahe dipercaya bagus untuk gejala flu dan batuk, dan mampu menenagkan system pernafasan. Cara membuatnya jahe segar yang sudah bersih dari kulit ditumbuk lalu diparut dicampur dengan 2 sendok makan madu, anda bisa masukkan kedalam microwave 15detik lalu seduh 2 sendok makan ramuan tadi dengan air hangat dan sajikan diminum 2x sehari dalam waktu 3hari.

  1. Anggur

Anggur adalah bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan dahak. Anggur adalah cara alami yang paling enak dari ramuan lainnya. Anda bisa sajikan anggur dibuat menjadi jus yang segar dan bisa ditambahkan dengan 2 sendok madu. Minum 3x seminggu.

  1. Lemon tea

Siapa yang tidak kenal minuman satu ini. Dan ternyata lemon tea mampu menghilangkan dahak selain jus anggur yang enak. Lemon tea adalah buah yang dipercaya mampu menghilangkan sakit batuk dahak. Karena kandungan yang bersifat asam mampu menjadikan antiseptic alami untuk menghilangkan dahak di tenggorokan. Campurkan air lemon dengan tea hangat tanpa gula. Atau anda bisa menjadikan lemon menjadi jus ditambah dengan 2 sendok makan madu.

  1. Telur ayam kampung

Nah yang satu ini juga dipercaya sebagai ramuan alami yang mampu menghilangkan dahak di tenggorokan. Siapkan telur ayam kampung lalu tambahkan 2 sendok makan gula pasir, dan ¼ gelas air mendidih, aduk rata. Minum selagi hangat minum 2x sehari dipagi hari dan malam hari.

  1. Banyak minum air putih

Air putih memang tidak bisa disandingi lagi manfaatnya. Banyak orang lebih banyak dan suka mengkonsumsi air putih dibanding dengan minuman bersoda. Dan ternyata memperbanyak minum air putih mampu mengeluarkan dahak. Karena banyaknya dahak yang keluar akan membuat tubuh kita dehidrasi dan sangat membutuhkan cairan pengganti. Dengan mengkonsumsi air putih banyak mengganti kekosongan cairan/mampu menangani dehidrasi anda. Kalau minum air putih tidak sulit bukan? Minum setiap hari setiap 1jam sekali. Jika tidak ada air putih bisa diganting dengan jus atau teh air putih yang hangat juga lebih enak dari pada dingin.

Semoga informasi yang kami berikan kali ini melalui artikel yang kami tulis tentang  Cara Mengeluarkan Dahak Dengan Cara Alami memberikan manfaat dan semoga menambah wawasan anda pentingnya memperhatikan sakit yang dianggap sepele banyak orang. Jika masih ada cara alami dan tradisional mengapa tidak menggunakannya. Selamat mencoba, cepat sembuh.

Reply