5 Cara Menghilangkan Komedo Membandel

5 Cara Menghilangkan Komedo Membandel

Tentu setiap wanita menginginkan penampilannya dari atas sampai bawah menawan dan menarik untuk dilihat terutama untuk wajah, salah satu area yang sering dilihat oleh semua orang. Lalu apa saja masalah yang sering muncul dan menjadi boomerang bagi wanita pada area wajah? Tidak lain tidak bukan ya jerawat dan komedo. Pasti setiap orang ada yang namanya jerawat dan komedo diarea muka, banyak hal pemicu adanya jerawat dan komedo dan ini dijadikan musuh atau suatu hal yang paling dibenci ketika jerawat dan komedo semakin banyak di area muka.

Dan kali ini kami akan step by step bagaimana cara menghilangkan komedo yang sangat menggangu pada wajah. Titik titik hitam yang muncul di sekitar bagian wajah terutama daerah hidung yang memang disinggahi oleh titik titik hitam tersebut. Komedo merupakan tumpukan sel kulit mati, kotoran dan bakteri yang tersumbat di pori-pori. Dan saat tersumbat ini terdorong keluar ke permukaan kulit, lalu terjadi kontak dengan udara, sumbatan ini akan teroksidasi dan berubah menjadi kehitaman. Sumbatan yang terdapat di dalam pori-pori sangat lengket. Ini dia mengapa kamu mengalami kesulitan untuk mengusir komedo pada kulit. Jika selama ini cara yang anda lakukan belum berhasil, nah coba simak 5 cara berikut ini :

  1. Ekstraksi

Berikut ini menggunakan cara ekstrasi secara langsung. Untuk mengeluarkan komedo yang terdapat di pori-pori. Anda bisa menggunakan alat ekstrasi khusus untuk komedo yang biasanya terbuat dari stainless steel. Walaupun ini termasuk cara yang mudah dan cepat, namun perlu diperhatikan juga untuk anda hati-hati dalam menjaga kebersihan alat ekstraksi dan juga jari anda. Jika alatnya tidak dibersihkan dahulu dan tangan anda belum bersih maka akan memicu tumbuhnya jerawat yang tentu menggangu. Untuk mempermudahnya anda bisa uapkan muka anda dengan air panas terlebih dahulu agar pori-pori anda terbuka.

  1. Chemical exfollation

Jika kamu salah satu yang tidak kuat menahan rasa sakit saat proses ekstraksi komedo, ini salah satu cara yang bisa menjadi pilihan kamu. kandungan AHA dan BHA seperti glycolic acid yang kerap ditemukan dalam produk eksfoliasi dapat melepaskan sel-sel kulit mati, serta komedo yang terdapat pada pori-pori dan mengeksfoliasi lapisan terluar kulit secara gentle. Selain itu salicylic acid juga bisa membantu mengatasi komedo. Salicylic acid merupakan satu-satunya acid yang dapat menembus minyak, sehingga mampu membersihkan pori-pori hingga kedalamnya dan membantu mengeluarkan komedo.

  1. Physical exfoliation

Selain proses diatas ini juga bisa mengurangi komedo, dengan melakukan eksfoliasi secara fisik. Nah ada beberapa cara yang dapat kamu pilih, mulai dari menggunakan produk dengan butiran scrub, menggunakan konjac sponge, hingga menggunakan facial cleansing brush yang mampu membersihkan kulit secara menyeluruh. Sepertinya semua ornag merasakan gemas terhadap komedo yang menggangu. Hal ini jangan dilakukan berlebihan karena dapat menimbulkan masalah-masalah kulit baru cukup 1-2 kali dalam seminggu.

  1. Menggunakan clarifying atau pore cleansing mask

Jika kamu termasuk yang sering menggunakan ini tentu ini tidak asing lagi untuk kamu. dengan menggunakan ini secara rutin untuk membersihkan kulitnya secara mendalam. Beberapa jenis masker yang memang khusus untuk membersihkan pori-pori hingga menyeluruh, dan mengangkat minyak, kotoran, maupun sel kulit mati, yang terdapat pada wajah. Jangan lupa gunakan secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Perawatan di klinik kecantikan

Jika kamu memang sudah tidak sabar dan sebal melihat komedo yang membandel tersebut dan melakukan berbagai cara tidak berhasil, mungkin ini waktunya untuk meminta bantuan professional. Tentunya akan lebih aman dan efektif jika kamu langsung konsultasi dengan dermatologis dan ahli kulit. Beberapa treatment yang biasanya ditawarkan untuk mengatasi komedo diantaranya adalah facial dengan proses ekstraksi, microdermabrasion, atau chemical peeling.

Selain mencoba beberapa yang sudah dijelaskan, anda bisa mengurangi resiko munculnya komedo maupun mencegah komedo datang lagi. Caranya yaitu dengan memilih produk yang noncomedogenic. Nah ini berarti produk tersebut tidak mengandung bahan yang dapat menyebabkan komedo ataupun menyumbat pori-pori. Jadi lebih rajin membersihkan muka dengan perawatan yang sederhana cukup, dan perhatikan produk dengan seksama. Semoga bermanfaat.

Reply