5 Tahap Proses Melahirkan Yang Bisa Terjadi Pada Ibu Hamil

5 Tahap Proses Melahirkan Yang Bisa Terjadi Pada Ibu Hamil

Tentu rasanya sudah tidak sabar ya ketika mengetahui bahwa kehamilan anda sudah trimester terakhir. Rasa deg-degan sekaligus senang mau bertemu dengan buah hati campur aduk semuanya ibu rasakan begitupun dengan suami anda. Jika ini adalah moment pertama kali anda melahirkan buah hati anda pertama kedunia segala kesiapan sebelum anda merencanakan kehamilan pun sudah seharusnya memang dari awal difikirkan berdiskusi dengan suami anda. Berikut ini kami akan memberikan 5 tahap proses melahirkan yang bisa terjadi pada semua ibu hamil agar ibu hamil bisa faham kira-kira apa saja.

  1. Prodomal labor

Serviks mulai melunak dan terjadi gerakan maju dan perlahan mulai membuka. Bayipun sudah menempati panggul. Pada saat ini anda akan merasakan pegal dan adanya tekanan di perut bagian bawah atau punggung. Kontraksi yang terjadi pada tahap ini biasanya muncul dan hilang secara tidak teratur. namun ini merupakan respon normal dan natural untuk tubuh anda bersiap-siap.

  1. Tahap awal kelahiran

Serviks tetap menipis dan membuka, melebar dari 3-4cm. fase ini tidak terlalu lama sekitar 2 per3 tahap dari total waktu melahirkan. Setelah beberapa jam, kontraksi akan lebih lama , kuat dan lebih teratur (namun waktunya bervariasi) akan keluar keputihan berwarna merah muda selama kelahiran. Anda akan merasakan nyeri punggung yang mirip seperti nyeri haid. Pecahnya ketuban dapat terjadi secara sepontan. Pada tahap pertama proses melahirkan ini atau mungkin ditahap selanjutnya. Anda akan merasakan basah yang memang di sebabkan karena pecahnya ketuban. Segera konsultasikan ke dokter anda. Buat diri anda senyaman mungkin dengan melakukan hal-hal positif. Anda bisa memakan makanan yang mudah dicerna dan minum yang cukup.ketika kontraskisemakin kuat anda harus mencoba merelaksasi diri dengan strategi pernafasan. Cobalah meminta suami anda selalu setia menemani dan memberikan support yang luar biasa agar anda tetap tenang dan percaya diri.

  1. Tahap satu – fase aktif

Pada tahap ini kok kontraksi semakin kuat dan akan semakin terasa sakit. Ini terjadi sekitar 3 menit terpisah dan berlangsung selama 45 hingga 60detik. Serviks akan melebar dengan cepat sekitar 1,2cm setiap jam. Ketika serviks melebar dari 8-10cm. kontraksi akan datang setiap 2 hingga 3 menit sekali. Anda akan merasa mual dan punggung mulai bertambah sakit. Cara mengatasi lakukan sesuatu yang aktif selama kontraksi berlangsung. Anda bisa lakukan pola pernafasan dan bergerak disekitar anda dan jangan lupa istirahat diantara kontraksi. Ketika anda sudah berada di rumah sakit, jangan lupa untuk periksakan suhu, tekanan darah, denyut nadi. Jika anda bisa rileks anda bisa mandi shower air hangat ini sangat bermanfaat untuk membantu mengurangi nyeri bagain punggung bawah. Anda bisa meminta pasangan/suami anda melakukan pijatan, mendengarkan music dan berjalan-jalan.

  1. Tahap kedua

Tahap ini tahapan mendorong, ini akan berlangsung 3jam ketika anda diberi epidural- 2jam tanpa epidural. Serviks pada tahap kedua ini akan melebar sekitar 10cm. kontraksi akan lebih lama dari semenit dengan interval 2 hingga 3 menit. Kepala bayi turun ke area vagina anda bisa merasakan tekanan di area dubur alias rectum. Ada beberapa wanita yang akan merasakan mual, gemetar, gelisah, dan marah pada masa ini. Bercampur aduk rasanya ketika ibu mau melahirkan. Jangan mengedan tanpa ada aba-aba. Karena jika mengedan tanpa ada intruksi menyebabkan serviks anda bengkak. Ketika sudah mendapatkan aba-aba sudah saatnya anda untuk ambil nafas dalam-dalam, dorong seperti sedang sembelit. Ketika tidak memungkinkan jalan lahir (vagina) anda tidak cukup akan ada episiotomo dimana potongan pendek antara vagina dan rectum.

  1. Tahap ketiga

Ini adalah tahapan yang ditunggu-tunggu karena ini tahap melahirkan. Kemampuan pernafasan ibu untuk mendorongnya semakin kuat ketika kepala bayi sudah turun ke bawah. Anda akan merasakan perasaan yang panas, menyengat, dan peregangan pada saat pembukaan vagina. Tahap melahirkan akan membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit. Ketika anda mengalami episiotomy pada saat bayi sudah dilahirkan, anda akan dijahit lagi.

  1. Penyembuhan

Ini adalah perasaan lega bahagia yang bisa ibu rasakan akhirnya selama ini yang ditunggu bertemu juga. ketika rasa sakit yang sudah dialamipun rasanya sudah terbayar ketika melihat wajah buah hati anda bersama dengan suami anda. Kompres dengan air dingin jika terjadi pembengkakan. Dan banyak wanita mengalami kram rahim setelah melahirkan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat anda jadikan pengalaman yang tidak akan terlupakan. Andapun juga bisa berbagi seputar pengalaman anda nanti setelah sudah melahirkan buah hati ke dunia. Semangat bunda.

Reply