6 Ciri-Ciri Orang Hamil Yang Terjadi Pada Wanita

6 Ciri-Ciri Orang Hamil Yang Terjadi Pada Wanita

Kehamilan menjadi sebuah anugerah yang luar biasa yang bisa dirasakan pada beberapa pasangan suami istri yang sudah menikah. Ketika sudah usia pernikahan 10tahun dan baru saja di karuniai seorang anak rasanya campur aduk, bahagia, sedih, dan yang pasti rasa bersyukur yang tidak pernah berhenti diucapkan. Untuk itu andapun sudah tua begitu banyaknya pasangan di luar sana yang belum bisa memiliki momongan sampai rela melakukan apa saja untuk mewujudkan impiannya.

Sebelum buah hati dilahirkan kedunia tentu ada beberapa proses yang harus anda jalani yaitu proses kehamilan. Kehamilan adalah proses tumbuh kembang janin dalam rahim seorang wanita selama kurang lebih 9 bulan sampai akhirnya ia dilahirkan kedunia. Nah bagaimana jika anda adalah ibu baru yang pertama kali mengandung anak pertama tentu tidak banyak pengalaman yang banyak dan pasti berfikir nanti bagaimana dll. Jaman yang semakin maju dan modern ini selain anda bisa menanyakan seputar kehamilan dengan orang-orang terdekat anda kini internetpun bisa menjadi salah satu cara alternative simple dan mudah yang digunakan bagi semua orang.

Salah satunya yaitu artikel kami kali ini dimana akan membahas ciri-ciri orang hamil yang bisa terjadi pada wanita. Pada periode awal kehamilan banyak perubahan hormonal yang dapat terjadi pada tubuh. Dan perubahan inilah yang dapat memicu terjadinya reaksi atau gejala kehamilan. Ciri-cirinya dapat disertai dari fisik atau nonfisik, simak berikut ini :

  1. Terlambat datang haid

Yang satu ini belum bisa dipastikan apakah gara-gara terlambat datang haid anda positif hamil. Namun pada umumnya dideteksi ketika anda mendapatkan kehamilan, anda akan terlambat datang haid. Namun jika anda telat menstruasi jangan langsung menyimpulkan bahwa anda hamil. Pada umumnya siklus menstruasi terjadi antara 26-29 hari perbulannya. Jika anda tidak mengalami menstruasi pada periode sampai 30 hari maka tunggulah sampai 2-1 bulan. Untuk memastikan apakah anda mengalami gangguan siklus menstruasi atau tidak. Jika anda sudah melakukan hubungan intim bersama suami setalah minggu pertama tidak kunjung menstruasi anda bisa langsung periksakan ke dokter kandungan.

  1. Sering mengalami kram perut

Kram perut yang terjadi pada wanita hamil merupakan hal yang wajar. Mereka seperti akan mengalami haid, namun tidak kunjung tiba. Dan wanita terus mengalami kram perut pada saat minggu pertama kehamilan. Letak kram perut yang terjadi yaitu dibawah perut. Kram perut ini disebabkan oleh otot-otot rahim yang muali membesar dan meregang dalam proses pembentukan embrio. Ukuran janin belum terlihat. Namun kantung untuk tempat janin tinggal mulai mengalami pembesaran. Jika anda mengalami gejala perut kram yang berlebihan hal ini dapat di sebabkan oleh gangguan kehamilan / kehamilan ektopik.

  1. Perut bawah akan mengalami kedutan

Ketika anda mengalami perut yang berkedut lebih sering atau rasanya seperti dipukul atau ditarik dari dalam. Pada kondisi ini biasanya akan dialami oleh ibu hamil. Jika anda berbaring semakin terasa tidak nyaman karena semakin kuat dan sering kedutan yang akan terjadi pada perut bawah anda. Ini terjadi karena bagian perut akan mengalami pembesaran dan peregangan termasuk pada bagian rahim anda. Tetap waspada jika anda merasakan rasa kedut yang berlebihan segera bawa kerumah sakit terdekat.

  1. Perut kembung

Gejala lainnya yang terjadi pada minggu pertama seorang wanita akan mengalami ciri seperti masuk angin dan perut kembung rasanya. Karena hal ini disebabkan oleh banyaknya angin yang masuk kedalam tubuh terutama bagian bawah tulang rusuk. Jika ibu bersendawa kondisi ini semakin terasa tidak nyaman. Untuk itu tidak heran ibu hamil sering buang gas.

  1. Lendir vagina lebih banyak

Salah satu ciri tanda kehamilan munculnya lendir yang berlebihan dari dalam vagina. Lendir biasanya lebih tebal, lebih licin dan berwarna putih kecoklatan dan sulit untuk dihilangkan. Aroma yang muncul dibilang wajar. Namun jika keputihan yang terjadi memiliki aroma yang tidak wajar maka anda harus waspada dan perlu memeriksakan kondisi ini didokter spesialis kandungan.

  1. Mual dan muntah

Perubahan hormone yang terjadi di masa kehamilan ini membuat system pencernaan menjadi terganggu. Hal ini terjadi karena kadar esterogen yang menurun pada wanita yang sedang hamil. Kondisi dimana pencernaan menjadi lemah. Dan ini mengubah kadar asam lambung menjadi meningkat. Sehingga terjadi mual dan sampai muntah yang tidak bisa dihindari. Namun ciri inipun belum bisa dipastikan. Karena tidak semuanya mual dan muntah menyatakan bahwa anda positif hamil. Lakukan pengujian segera dengan alat test pack atau langsung pergi ke dokter kandungan semoga anda beruntung ya.

Itu dia beberapa ciri-ciri kehamilan singkat yang bisa kami jelaskan dan sudah pasti semua ibu hamil kurang lebihnya merasakan ciri-ciri diatas. Semoga artikel dari kami membantu dan memberikan wawasan ibu tentang ciri-ciri kehamilan yang anda rasakan. Semoga berhasil ya bunda untuk mempunyai keturunan.

Reply