6 Macam Buah Untuk Ibu Menyusui Yang Wajib Di Konsumsi

6 Macam Buah Untuk Ibu Menyusui Yang Wajib Di Konsumsi

Mungkin banyak dari anda yang baru melahirkan anak pertama dan bingung ketika memberi ASI sebenarnya apakah kandungan ASI juga dipengaruhi oleh makanan yang anda makan atau tidak? Dan jawabannya adalah IYA, sangat berengaruh tentunya makanan yang anda konsumsi dengan kualitas ASI yang anda berikan kepada sang balita terkasih. Kandungan ASI yang baik tentu akan menunjang perkembangan sang anak menjadi lebih sehat, cepat berkembang, juga memacu bagian-bagian tubuh anak agar dapat berkembang dengan baik.

Lalu apakah selain vitamin dan makanan yang dikonsumsi sehari-hari ada makanan lain yang dapat membantu menjaga kualitas ASI anda? Tentu saja ada yaitu buah. Buah mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh yang nantinya di olah dan menjadi ASI yang berkualitas yang siap diberikan kepada balita anda nantinya.

Lalu buah-buah apa saja yang tepat untuk ada konsumsi selama anda memberikan ASI kepada bayi anda? Berikut ulasannya :

  1. Blueberry

Blueberry termasuk salah satu buah untuk ibu menyusui yang paling baik. Ibu menyusui disarankan mengonsumsi dua porsi atau lebih buah ini atau diolah menjadi jus.

Blueberry memiliki segudang nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Buah ini mengandung vitamin A, vitamin K, dan mineral seperti kalsium dan kalium. Buah yang dikenal sebagai makanan super ini juga mengandung karbohidrat yang sehat untuk menjaga energi Anda. Selain itu, blueberry memiliki sifat antioksidan sehingga membantu Anda terhindar dari infeksi.

  1. Jeruk

Jeruk adalah buah untuk ibu menyusui yang baik untuk menambah tenaga. Buah tinggi vitamin C ini sangat baik untuk ibu menyusui, karena Anda membutuhkan lebih banyak vitamin C dibandingkan dengan ibu hamil.

Vitamin C berfungsi dalam pembentukan tulang, gigi dan otot yang sehat pada semua anak, termasuk bayi yang baru lahir. Selain itu, vitamin C juga membantu meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan jaringan pada ibu menysuui.

  1. Pepaya hijau

Pepaya hijau adalah salah satu sumber galactagogue terbaik, yang mampu melancarkan ASI. Enzim dalam pepaya hijau meningkatkan produksi susu dan juga memberi Anda vitamin penting seperti vitamin A, B, C, dan E.

  1. Alpukat

Alpukat adalah buah yang padat gizi bagi ibu menyusui. Keluhan umum ibu menyusui adalah bahwa mereka sering sangat lapar karena meningkatnya kebutuhan akan menyusui dan hanya memiliki sedikit waktu untuk persiapan dan makan.Alpukat kaya akan asam lemak esensial seperti asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, dan asam lemak omega-9. Anda pun bisa merasa kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan tersebut sangat penting untuk berbagai fungsi tubuh dan membantu Anda memproduksi ASI lebih banyak.Alpukat juga dapat menjaga kadar gula darah dan kolesterol Anda sekaligus memenuhi asupan vitamin B, vitamin K, folat, kalium, vitamin C, dan vitamin E harian Anda.

  1. Stroberi

Stroberi juga termasuk buah untuk ibu menyusui yang baik. Stroberi mengandung zat besi yang tinggi dan berbagai vitamin seperti vitamin C, kalsium, kalium, dan magnesium.

Jika Anda alergi terhadap stroberi atau orang di rumah memiliki riwayat alergi stroberi, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter Anda sebelum mengonsumsinya. Alergen juga dapat memengaruhi si kecil melalui ASI Anda.

  1. Pisang

Pisang membantu Anda menggantikan kalori yang hilang saat menyusui si kecil. Pisang juga mengandung vitamin B6 dan asam folat yang tinggi.Vitamin B6 membantu membentuk sel darah merah bayi, memecah protein, lemak, dan karbohidrat, dan dibutuhkan untuk perkembangan dan fungsi otak yang normal.Sementara itu, asam folat membantu perkembangan otak yang sehat dari otak bayi dan sumsum tulang belakang. Ini juga diperlukan untuk membentuk sel darah merah dan sel darah putih.

Jadi lebih banyak pengetahuan tentang 6 macam buah untuk ibu menyusui yang wajib di konsumsi bukan? Beberapa macam buah diatas dapat dikonsumsi secara langsung atau juga dapat di olah terlebih dahulu menjadi cake atau jus atau makanan lainnya yang dapat menggugah selera anda untuk mengkonsumsinya. Bagikan informasi ini ke orang lain agar lebih bermanfaat ya.

Reply