7 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

7 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Sebenarnya untuk setiap makanan yang ibu hamil konsumsi dengan kita yang tidak hamil sama saja, namun perbedaannya memang harus selalu diperhatikan terutama berbagai macam nutrisi untuk mendukung kehamilan. Carilah makanan yang bisa mengatasi berbagai macam gangguan penyakit yang disebabkan karena kekurangan nutrisi tertentu seperti asam folat, kalsium, zat besi, magnesium, vitamin B6, omega 3 dan protein. Nah semua jenis makanan harus mengandung zat ini karena demi tumbuh kembang bayi didalam kandungan dan juga ibu yang mengandung.

Langsung saja simak berikut ini beberapa asupan makanan sehat untuk ibu hamil yang memang memiliki nutrisi yang dianjurkan dan baik untuk pelengkap nutrisi janin didalam kandungan :

  1. Bayam (asam folat)

Bayam adalah jenis sayuran yang sangat baik dikonsumsi siapap saja terutama untuk ibu hamil. Bayam mengandung nutrisi seperti zat besi, folat, kalsium dan serat. Serat pada bayam bisa membantu ibu hamil mengatasi masalah sembelit dan gangguan pencernaan. Kandungan vitamin C yang terkandung pada bayam membentuk system kekebalan tubuh bagi ibu hamil. Tentu ini sangat baik untuk proses pembentukan tulang pada janin. Zat besi pada bayam mampu membantu ibu hamil dalam produksi sel-sel darah merah. Bayam masih segar sangat disarankan dibandingkan bayam yang sudah disimpan ke dalam kulkas. Anda bisa menjadikan bayam sebagai olahan masakan yang enak.

  1. Brokoli (serat)

Brokoli menjadi salah satu sayuran yang baik untuk siapapun. Anda bisa mengolah brokoli menjadi makanan yang enak sebagai olahan sup. Sebaiknya jangan konsumsi brokoli yang sudah disimpan didalam kulkas selama lebih dari 24 jam. Karena kandungan nutrisinya tidak baik untuk kesehatan anda. Manfaat brokoli yang baik untuk ibu hamil yaitu mengandung asam folat yang cukup tinggi sehingga bisa melindungi bayi dari kelainan tulang belakang dan cacat tabung syaraf.

Kandungan zat besi mencegah anemia sehingga ibu hamil akan terasa segar dan sehat sepanjang hari. Brokoli mengandung zat khusus yang bisa memberi perlindungan pada bayi dari berbagai jenis kanker.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bayi yang mengkonsumsi brokoli disaat masih didalam kandungan ibu bisa kemungkinan akan menyukai sayur ketika sudah besarnya.

Kalsium yang ada didalam brokoli menjadi kunci pertumbuhan tulang, gigi dan otot. Brokoli sangat baik untuk ibu hamil karena bisa menyimpan energi selama kehamilan dan saat ibu mulai menyusui.

  1. Jeruk

Ini adalah buah yang tidak asing lagi dimasyarakat. Ciri khas rasa manis dan asam buah ini bermanfaat untuk mengatasi mual pada trimester pertama. Karena mengandung nutrisi vitamin yang banyak jeruk sangat penting untuk kesehatan ibu hamil.

Kandungan vitamin C dapat membantu meningkatkan system kekebalan tubuh. Membantu menjaga system pelepasan zat besi dan menjadi mineral yang penting untuk system kesehatan ibu hamil dan janin.

Vitamin C yang terkandung didalam jeruk sangat penting untuk menjaga kesehatan otak bayi dan melindungi janin dari masalah kesehatan pernafasan.

Kandungan folat yang membantuk mendukung pembentukan sel-sel darah merah dan mendukung pengembangan plasenta yang sehat sehingga menghindari janin yang cacat.

Jerukpun mengandung banyak air yang mampu mencegah masalah dehidrasi pada ibu hamil. Dan kandungan serat yang membantu ibu hamil merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama loh.

  1. Tomat

Tomat makanan segar yang bisa dijadikan cemilan sehat. Namun jika anda tidak suka mengkonsuminya dengan cara dijadikan cemilan anda bisa campurkan di sup disalad atau dihidangan lainnya yang bisa anda kreasikan. Namun jika anda wanita hamil yang memiliki masalah penyakit maag sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi tomat ya.

Manfaat tomat membantu proses penyerapan zat besi dari berbagai jenis makanan yang masuk ke system pencernaan. Dan melindungi ibu hamil dari anemia.

Tomat mengandung zat licopen yang bisa melindungi sel tubuh dari kerusakan. Yang mempunyai tujuan melindungi kesehatan janin.

Asam folat yang ada ditomat juga menjaga kesehatan janin dan mendukung pembentukan penutupan tabung syaraf sehingga mencegah cacat spina bifida.

  1. Alpukat

Buah yang mengandung asam folat ini memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil terutama untuk mencegah masalah cacat tabung syaraf pada janin. Anda bisa mengkonsumsinya dengan memakannya langsung atau menggunakan campuran bahan lainnya. Rutinlah konsumsinya terutama untuk anda yang sudah trimester kedua.

Alpukat membantu ibu hamil untuk memenuhi asupan kalsium.

Vitamin yang lengkap ada di buah alpukat vitamin C,E,K B1, B2, B6. Dan semua jenis vitamin ini sangat baik untuk mengatasi masalah mual yang berlebihan yang sering terjadi pada ibu hamil.

Alpukat kaya akan zat besi sehingga mencegah ibu hamil merasakan rasa lelah, karena produksi sel darah merah yang turun dan kebutuhan yang sangat tinggi sepanjang kehamilan.

Mengatasi sembelit meningkatkan fungsi pencernaan pada usus.

Alpukat membantu ibu hamil menurunkan kolesterol dan kadar gula darah yang terlalu tinggi.

  1. Kacang almond

Almond menjadi salah satu jenis kacang yang sangat baik untuk ibu hamil. banyak nutrisi dan vitamin yang sangat penting terkandung didalam kacang almond. Namun tidak disarankan untuk ibu hamil yang memang alergi pada kacang.

Manfaat almond dikonsumsi untuk ibu hamil karena mengandung protein, vitamin E dan zat antioksidan yang baik menjaga kesehatan ibu hamil dan janin.

Almond bisa menjaga asupan protein yang memang dibutuhkan ibu hamil. sehinga sangat baik untuk menjaga kebugaran dan kesehatan ibu hamil.

  1. Ikan salmon

Ada yang beranggapan bahwa ibu hamil tidak baik mengkonsumsi ikan salmon namun pada nyatanya tidak apa-apa asalkan ibu memakannya sudah diolah menjadi masakan yang mateng tidak mentah. Ikan salmon terbukti bisa menambah kecerdasan bayi sejak dalam kandungan. Dan dapat mengatasi ibu hamil dari kekurangan gizi.

Ikan salmon bisa mengurangi masalah kesehatan kantung pada ibu hamil dan janin.

Ikan salmon mencukupi kebutuhan kalium sehingga membantu ibu hamil dalam mengatasi masalah kesehatan jantung.

Itu dia pemilihan jenis makanan sehat untuk ibu hamil yang memang kami rangkum sesimple mungkin jika ibu mau konsumsi buah-buahan atau sayur-sayuran lainnya bisa dan itu justru menambah nilai yang baik untuk ibu hamil dan janin. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga bisa membantu anda ibu hamil menambah wawasan tentang makanan sehat yang memang seharusnya dikonsumsi ibu hamil.

Reply