Adanya Infeksi Listeria (Listeriosis) Pada Kehamilan

Adanya Infeksi Listeria (Listeriosis) Pada Kehamilan

Apa itu infeksi listeria yang akrab dikenal dengan listeriosis disebabkan oleh bakteri listeria monocytogenes, untuk pada umunya infeksi ini jarang terjadi namun dapat menyerang wanita hamil pada usia kehamilan trimester terakhir. Sedikit informasi bayi yang baru saja lahir, anak-anak maupun orang dewasa yang kekebalan dilemahkan oleh penyakit seperti kanker atau HIV. Dari mana sajakah infeksi itu berasal? Ini bisa ditularkan melalui tanah dan air. Ibu hamil juga dapat menelan listeria dengan mengkonsumsi makanan tertentu, seperti daging yang dibekukan, keju, susu, daging ayam yang terkontaminasi oleh mikroorganisme dan juga kerang. Apa yang akan di timbulkan dari jenis ini? Gejalanya seperti demam, kesulitan bernafas, muntah, lesu dan kehilangan nafsu makan dan juga diare.

Infeksi listeria (listeriosis) pada kehamilan. ibu hamil yang mengalami listeriosis hanya mungkin mengalami gejala seperti flu ringan, tentunya ini mengharuskan juga untuk anda melakukan pemeriksaan dokter yang dapat membantu anda untuk memastikan kondisi kesehatan anda. Tentunya setiap penyakit mempunyai efek samping sendiri yang masing-masing ada yang memberikan keuntungan ada juga yang tidak. Dan infeksi listeria menyebabkan resiko kelahiran premature, keguguran, dan bayi meninggal setelah di lahirkan. Adanya berbagai infeksi yang akan datang seperti ditandai muntah dan diare. Terjadinya infeksi didalam darah bakteremia, pneumonia, meningitis, osteomielitisatau yang terjadi infeksi pada tulang dan juga endokarditis atau infeksi pada lapisan didalam jantung. Walaupun ini jarang di temukan namun bagi individu dapat mengalami penurunan dan masalah dengan kekebalan tubuh akan meningkatkan resiko ini. Pemeriksaan ini dilakukan agar segera diberikan pengobatan dan juga mencegah terjadinya infeksi serius yang dapat mengancam ibu dan janin.

Tentunya bagi ibu hamil yang mengalami gangguan system kekebalan tubuh oleh infeksi ataupun penyakit ini lebih meningkatkan resiko infeksi listeriosis parah dan memerlukan penanganan yang serius. Selama masa kehamilan anda dapat melakukan langkah-langkah untuk melakukan pencegahan listeriosis. Walaupun tidak ada vaksin terhadap bakteri yang menyebabkan listeriosis. Anda dapat membantu mengurangi resiko untuk keluarga dan mengambil tindakan pencegahan keamanan dengan mengkonsumsi makanan tertentu :

  • Pertama selalu memasak terutama daging dan telur menyeluruh atau mateng. Hindari atau sebaiknya jangan pernah makan, makanan yang dimasak setengah mateng.
  • Kedua selalu menjaga kebersihan buah dan sayuran secara keseluruhan sebelum anda mengkonsumsinya.
  • Ketiga mengkonsumsi susu yang telah melalui pasteurisasi dan pastikan susu didinginkan pada suhu yang sesuai. Hindari makanan yang terbuat dari susu yang tidak di pasteurisasi terlebih dahulu.
  • Keempat bagi anda yang memiliki masalah dengan kekebalan tubuh sebaiknya menghindari konsumsi keju kecuali keju tersebut memiliki label yang jelas dan memberikan bahwa itu terbuat dari susu pesteurisasi.
  • Kelima ketika anda ingin memasak makanan dengan kemasan kaleng seperti daging pastikan untuk memanaskannya sebelum dimakan tujuannya agar memastikan mikroorganisme tidak menggangu kesehatan anda dan janin.
  • Terakhir selalu menjaga kebersihan tangan dan peralatan sesudah mengolah makanan mentah. Jadi tetap utamakan kesehatan ibu dan juga janin yang dikandung karena anda tidak lagi mementingkan diri sendiri namun janinpun. Semangat demi melahirkan bayi yang sehat dan ibu yang sehat.

Reply