Adapun Penyebab Janin Tidak Berkembang Didalam Kandungan

Adapun Penyebab Janin Tidak Berkembang Didalam Kandungan

Ketika anda dinyatakan positif hamil namun ada hal yang kurang mengenakan dan anda harus mengetahuinya. Penyebab janin tidak berkembang, selama masa kehamilan penting bagi anda untuk memperhatikan kesehatan tubuh serta janin yang ada didalam kandungan anda guna menunjang tumbuh kembang janin selama masih ada didalam kandungan. Proses pemeriksaan yang dilakukan secara teratur terkait perkembangan janin dari awal kehamilan sampai menjelang persalinan sangat penting. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai janin yang tidak berkembang serta penyebabnya apa saja?

Keadaan janin yang tidak berkembang hanya bisa terdeteksi ketika anda sedang melakukan pemeriksaan dengan USG. Sehingga ketika anda menjalankan masa kehamilan, anda sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan USG diusia kehamilan trimester pertama guna menghindari resiko terjadinya janin tidak berkembang. Dan kali ini kami akan membahas apa saja penyebab janin tidak berkembang :

  1. Genetic

Salah satu penyebab utama terjadinya janin yang tidak berkembang yaitu factor genetic. Walaupun bukan factor dari keturunan yang memang erat hubungannya dengan riwayat keluarga. Namun hal ini merupakan factor dari sperma atau bahkan sel telur yang tidak begitu baik, sehingga perkembangan tidaklah sempurna. Bahkan ini bisa mengarah pada kehamilan kosong dan bisa terjadi secara berulang. Sangat penting untuk anda bisa memperhatikan kuantitas serta kualitas sperma serta sel telur.

  1. Infeksi torch

Penyebab janin tidak berkembang bisa disebabkan adanya infeksi yang terjadi karena mikroorganisme seperti cito megalo virus (CMV), rubella atau bahkan toksoplasma bahkan herpes simplek I dan simplek II yang memang bisa menyerang imunitas yang ada didalam tubuh. Ini sangat penting untuk anda yang sedang merencanakan program kehamilan untuk melakukan proses pemeriksaan terlebih dahulu agar kondisi ibu lebih membaik.

  1. ACA (anticardiolipin) atau pembekuan

Hal lainnya dikarenakan adanya factor pembekuan atau bahkan penyumbatan dibagian pembulu darah yang memang bisa menyebabkan pertumbuhan janin menjadi terhenti, sehingga factor pembekuan ini nantinya bisa mengakibatkan janin tidak berkembang. Penyebab terjadinya ACA ini akan sangat tergantung terhadap system imun yang ada didalam tubuh kita. Misalkan ada anak pertama yang menderita penyakit ACA, maka kemungkinan besar anak kedua bahkan selanjut akan ada penyakit ACA.

Itu dia beberapa penyebab janin yang tidak berkembang yang memang harus anda ketahui juga fahami. Demi tumbuh dan kembang janin yang sehat dan baik setiap kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan janin harus terpenuhi ya bunda. Rajin dan rutinlah untuk memeriksakan kandungan anda kepada dokter. Semoga bermanfaat.

Reply