Aja Saja Jenis Sayuran Yang Baik Untuk Bayi

Aja Saja Jenis Sayuran Yang Baik Untuk Bayi

Siapa yang tidak menyukai sayuran, pasti nyaris semua orang menyukai sayuran namun apakah bayi menyukai sayuran? Mari kenalin jenis sayuran yang baik untuk bayi yang dianjurkan untuk diperkenalkan pertama kali pada bayi. Hal ini bertujuan agar si kecil terbiasa dan menyukai sayuran. Anak-anak cenderung tidak menyukai sayuran karena rasanya hambar. Untuk itu disini tugas ibu mengajarkan kebiasaan makan sayur pada anak sejak dini. Sayuran memiliki kandungan nutrisi yang sangat melimpah untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Sayuran untuk bayi bisa anda berikan dengan cara dihaluskan menjadi bubur sehingga lebih mudah untuk dicerna.  Dalam memperkenalkan sayuran pada bayi anda harus melakukannya secara bertahap dan perlahan. Ingat ya bunda dalam memberikan harus dengan porsi yang sesuai dan jangan berlebihan. perhatikan dari unsure kebersihannya seperti yang kita ketahui bahwa bayi masih sangat sensitive dan rentan mengalami gangguan pencernaan.

Simak berikut ini daftar sayuran yang baik untuk bayi :

  1. Bayam

Ini adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat berlimpah, seperti zat besi, vitamin A, kalsium, mineral dan asam folat. Kandungan nutrisi tersebut sangat berguna untuk mengoptimalkan perkembangan dan pembentukan otak bayi. Membantu meningkatkan system kekebalan tubuh, mencegah penyakit anemia dan menjaga kesehatan system pencernaan bayi.

  1. Brokoli

Memiliki tekstur yang lumayan keras sehingga harus diolah terlebih dahulu. Cara mudahnya anda bisa kukus brokoli sampai benar-benar lunak kemudian haluskan dengan blender, disaring dan campurkan dengan olahan bubur yang sudah anda siapkan. Brokoli mempunyai kandungan nutrisi seperti asam folat, vitamin, mineral dan sulforatan sebagai zat antioksidan untuk mencegah kanker.

  1. Tomat

Jenis sayuran satu ini sangat kaya akan kandungan likopen sebagai antioksidan untuk meningkatkan system kekebalan tubuh. Selain itu tomat juga mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup tinggi.

  1. Wortel

Tidak perlu diragukan lagi banyak nutrisi untuk mengoptimalkan perkembangan si kecil. Wortel mengandung vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata si kecil. Wortel yang anda berikan untuk si kecil dikukus terlebih dahulu kemudian dihaluskan dengan blender agar teksturnya benar-benar lembut.

  1. Seledri

Banyak orang yang tidak mengetahui manfaat dari sayuran yang satu ini. Seledri memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat berguna untuk perkembangan bayi. Seledri bisa anda berikan pada bayi dengan cara dicampurkan ke dalam bubur.

Itu dia beberapa jenis sayuran yang baik untuk bayi dalam melengkapi kebutuhan nutrisi untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Ahli gizi memberitahukan bahwa orang tua harus memperkenalkan sayuran terlebih dahulu dari pada buah-buahan agar anak terbiasa dengan rasa hambar dari sayuran sehingga perlahan-lahan akan menyukai makanan tersebut. Jangan pernah ragu akan manfaat sayuran yang akan anda berikan untuk buah hati anda. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Reply