Apa Itu Mucopect Drop Untuk Anak? Apakah Aman?

Apa Itu Mucopect Drop Untuk Anak Apakah Aman

Mungkin untuk anda yang baru pertama kali menjadi orang tua terutama pertama kalinya menjadi seorang ibu untuk buah hati anda. Kami akan memberitahukan apa itu mucopect drop yaitu obat batuk berbentuk syrup yang digunakan untuk mengobati batuk berdahak. Tentu setiap orang tua selalu menginginkan buah hatinya tumbuh kembang dengan baik dan sehat. Dan terhindar dari yang namanya sakit. Banyak factor ketika buah hati anda harus sakit, entah virus dari luar dan daya tahan tubuhnya tidak stabil dan tidak baik, perubahan cuaca yang memang membuat sebagian orang mengalami batuk berdahak.

Fungsi dari mucopect drop yaitu mengencerkan dahak, yang biasa digunakan untuk menyembuhkan penyakit batuk kronkiektasis, bronchitis, asma dan penyakit lainnya  yang menimbulkan dahak kental dan ini menyumbat pernafasan. Dan kali ini kami akan berbagi informasi mengenal obat mucopect drop. Jika kita pergi ke apotik untuk membeli obat mucopect anda akan menemukan beberapa bentuk mulai dari tablet, sirup, dan drops. Nah obat mucopect tersedia dalam 2 kemasan berdasarkan komposisi bahan aktifnya yaitu :

  • Mucopect drop 7,5 mg/ml yang mengandung ambroxol HCL 7,5mg setiap 1 ml
  • Mucopect drop 15 mg/ml mengandung ambroxol HCL 15 mg setiap 1 ml

Karena diperuntukkan untuk anak-anak modelnyapun diteteskan. Nah HCL merupakan zat pengencer dahak yang dapat memecah serat-serat mukopolisakarida pada dahak kental. Nah zat ini dapat menjadikan dahak tersebut lebih encer hingga dahak bisa dikeluarkan dengan mudah. Ambroxol sendiri mempunyai beberapa kegunaan yang akan kita bahas juga :

  1. Memperkuat rambut getar (silia) yang terdapat pada saluran pernafasan, dengan begitu, kotoran akan terbuang dengan optimal
  2. Zat amroxol tidak menekan batuk sehingga menggangu respon batuk pada tubuh secara alami. Hal ini dapat meminimalisir sesak nafas yang diakibatkan dahak yang menumpuk.
  3. Meningkatkan produksi surfakatan yang dimiliki peran untuk membersihkan kuman, debris, atau pathogen lainnya dalam saluran pernafasan.

Adapun kegunaan obat mucopect drop ini yaitu sebagai agen mukolitik, membuat obat ini dapat digunakan untuk meringankan gejala batuk berdahak yang dialami oleh anak-anak. Namun inget ya bunda obat ini hanya meringankan penyakit saja, untuk mendapatkan kesembuhan yang sempurna, maka dibutuhkan kombinasi obat seperti antibiotic atau sesuai petunjuk dokter. Adapun beberpa kondisi batuk yang bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi obat ini yaitu asma bronchial, pneumonia, bronchitis, tracheobronchitis. Adapun kondisi anak yang tidak diperkenankan meminum obat ini yaitu :

  1. Anak yang memiliki penyakit maag atau luka lambung tidak diperkenankan mengkonsumsi obat ini karena bisa memperparah penyakit yang dialaminya.
  2. Anak yang alergi dengan abroxol atau komponen lain dari obat ini tidak diperkenankan untuk mengkonsumsinya.

Untuk penggunaan obat ini sebaiknya harus dengan petunjuk dokter agar lebih aman dan terpercaya. adapun efek samping dari obat mucopect drop ini yaitu zat ambroxol yang merupakan bahan aktif dari obat ini bisa ditolerir oleh tubuh, namun potensi efek samping yang ditimbulkan bisa saja muncul sewaktu-waktu. Adapun beberapa efek sampingnya yaitu :

  1. Sakit ulu hati, mual, gejala maag, dan terkadang muntah-muntah.
  2. Efek samping yang jarang terjadi seperti reaksi alergi berupa ruam kemerahan pada kulit.

Itu dia beberapa penjelasan tentang mucopect drop yang ternyata obat batuk pilek yang aman untuk bayi. Semoga artikel ini cukup membantu dan menambah wawasan orang tua untuk yang tadinya tidak mengetahui jadi mengetahui manfaat obat ini. Semoga membantu dan sehat selalu untuk buah hati anda.

Reply