Apa Itu Phenoxyethanol? Dan Mengapa Harus Dihindari?

Apa Itu Phenoxyethanol Dan Mengapa Harus Dihindari

Apa itu phenoxyethanol? Mungkin saja beberapa ibu pernah mendengar ini namun belum tau apa itu dan mangapa di sebut hal yang harus dihindari untuk buah hati. Mari kita ulas lewat artikel kali ini. Berkembangnya jaman yang semakin mau, maka bukan hanya trend anak jaman sekarang yang semakin berkembang namun trend produk bayi skincare menjadi booming dan semua toko berlomba-lomba mempromosikan. Untuk trendnya sendiri produk skincare bayi dibagi menjadi 2 berbahan alami dan berbahan organic. Untuk kedua ini jelas memiliki perbedaan. Skincare berbahan alami terbuat dari tumbuhan alami, lalu untuk skincare berbahan organic terbuat dari tumbuhan organic yang dikembangkan dengan teknologi dan tidak menggunakan pestisida.

Dari kedua jenis di atas tentu memiliki kandungan bahan alami yang minim sehingga bukan berarti alami atau organic tidak ada bahan kimia sama sekali. Dengan adanya bahan kimia bertujuan untuk mengoptimalkan performa bahan aktif, misalnya untuk menjaga produk agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Namun penggunaan bahan kimia pada produk alami dan organic merupakan bahan kimia yang aman digunakan dan dalam dosis yang tepat dan tidak berlebih untuk bayi.

Pastinya semua ibu mengetahui bahwa kulit si kecil berbeda dengan kulit orang dewasa atau kulit orangtuanya. Si kecil mempunyai kulit yang tipis dan lebih sensitive dengan zat asing dan rentan dengan iritasi. Kami akan bahas kali ini 5 bahan kimia yang memang banyak di temukan didalam produk skincare dan ini harus dihindari yang salah satunya phenoxyethanol :

  1. Phenoxyethanol

Ini merupakan zat antiseptic yang sering diklaim sebagai produk semua natural atau all natural. Dan ini banyak digunakan pada produk kosmetik sebagai zat pengganti parabens. Phenoxyethanol memiliki potensi allergen dan irritant. Jika penggunaan phenoxyethanol dengan konsentrasi yang tinggi dan dapat menyebabkan penyakit muntaber. Selain itu phenoxyethanol juga banyak ditemukan pada nipple cream untuk ibu.

  1. Parabens

Seperti yang sudah dibahas pertama, bahan ini sering ditemukan pada kosmetik. Parabens berperan untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang banyak digunakan pada industry kosmetik dan makanan. Mengapa dibilang berbahaya karena sifatnya yang irritant dan dapat merusak DNA dengan menggangu fungsi hormone di tubuh kita. Dampaknya meningkatkan resiko kanker payudara dan kerusakan permanen pada perkembangan system control kelenjar endokrin. Perlu diketahui dan dicatat parabens yang ditemukan pada label yaitu ethylparaben, butylparaben, methylparaben, propylparaben, dan apapun yang diada tulisan parabens.

  1. Mineral oil

Yang satu ini sering ditemukan pada produk cream seperti lotion dan diaper cream, perawatan rambut, baby wipes, dan oil. Pada beberapa perusahaan kosmetik besar mineral oil ini digunakan sebagai bahan dasar produknya karena mineral oil termasuk murah dan sebagai lubrikasi. Namun perlu diketahui mineral oil ini ternyata menyumbat pori-pori kulit dan menghalangi proses pernafasan alami kulit. Yang bisa ditemukan di label mineral oil yaitu petrolatum, paraffinum, liquidium.

  1. Polyethylene glycol

Atau disebut dengan PEG merupakan bagian dari polimer ethylene glycol sebagai moisturizel, dan untuk menjaga kestabilan produk. PEG bersifat irritant pada kulit di kecil yang cenderung sensitive. PEG ini adalah zat asing yang mudah menembus lapisan epidermis. Sehingga kandungan pada produk skincare ini harus dihindari. Biasanya di temukan pada label dengan bentuk angka. Semakin rendah angkanya membuktikan bahwa semakin mudah zat terserap pada kulit.

  1. SLES/SLS

Ini merupakan golongan deterjen dan zat surfaktan yang banyak digunakan sebagai produk sabun dan shampoo untuk menghasilkan busa. Dan kandungan ini harus dihindari pada produk mandi untuk si kecil karena sifatnya dapat menyengat mata dan irritant, dan menyebabkan ruam pada kulit, kerontokan rambut, cradle cap, dan alergi. Ini biasanya sering ditemukan di label dengan tulisan SLS, SLES, sodium dodecyl sulfate, sodium PEG lauryl sulfate.

Ini merupakan artikel yang penting dan harus diperhatikan untuk semua orang tua termasuk ibu, bukan hanya kesehatan yang harus diperhatikan namun memilih skincare untuk buah hati anda yang aman bukan hanya harga yang dipertimbangkan namun label / kandungannya yang ada didalamnya. Semoga artikel ini membantu dan menambah wawasan untuk anda.

Reply