Apa Penyebab Mulut Terasa Pahit Saat Hamil?

Apa Penyebab Mulut Terasa Pahit Saat Hamil

Tentunya ketika anda sedang mengandung banyak sekali hal yang tidak biasanya dirasakan akan jadi dirasakan. Suka dan duka dilewati itu mengapa proses menjadi ibu sesungguhnya semakin terasa terutama saat hamil melewati proses 9 bulan lamanya. Perubahan hormone yang terjadi selama kehamilan menyebabkan ibu hamil seringkali mengeluhkan perubahan secara fisik ataupun psikis yang dialami selama kehamilan. Memang benar semua ibu hamil memiliki jenis keluhan yang berbeda-beda. Tentunya setiap keluhan sangat menggangu aktivitas dan kesehatan ibu dan janin. Pada saat kehamilan trimester pertama seringkali ibu hamil sering banyak mengeluh karena perubahan hormone yang belum terbiasa dialami oleh ibu hamil. Dan artikel kali ini akan membahas salah satu keluhan ibu hamil yang sering dirasakan, apakah normal atau tidak tentang penyebab mulut terasa pahit saat hamil.

Tentunya semakin bertumbuhnya kandungan semakin banyak dan beda-beda keluhan yang dirasakan. Selama keluhan kehamilan tidak membahayakan maka dapat diatasi dengan mengubah pola hidup ibu hamil. Kira-kira gambaran dan keluhan apa saja selama kehamilan yang akan dirasakan..

  • Pada trimester pertama tentunya rasa mual dan muntah di sebabkan karena perubahan hormone pada saat hamil. Dan di trimester ini ibu hamil yang masih rentan pada janin yang belum kuat seringkali mengeluhkan adanya bercak darah. Ketika melihat bercak darah keluar dari jalan lahiran segera bawa ke dokter dan konsultasikan. Di trimester pertama ini bukan hanya perubahan fisik tapi psikis karena ibu hamil seringkali mengalami perubahan mood. Sehingga lebih sering marah, kesal dan sensitive.
  • Setiap trimester bertambah semakin keluhan-keluhan yang dirasakan dan setiap keluhan jangan anda anggap sepele segera mencari solusi yang terbaik agar kesehatan ibu dan janin terjaga selama kehamilan. Keluhan yang sering kali dialami ibu hamil dikhawatirkan menghambat pertumbuhan dan perkembangan janin ketika asupan nutrisi tidak tercukupi.

Mengapa mulut terasa pahit selama hamil? Pernah anda merasakan atau belum pernah? Mari cari tahu. Ketika rasa pahit mulut biasa di alami oleh seseorang yang sedang sakit sehingga membuat kehilangan nafsu makan dan penyembuhannya menjadi lamban. Apa kabarnya dengan ibu hamil yang harus makan nutrisi yang seimbang untuk menjaga kesehatan dan perkembangan janin. Proses kecap pada lidah akan melibatkan ribuan neuron sensorik. Dan ini terdapat pada bagian permukaan lidah dan bagian atas hidung. Fungsi dari neuron adalah memberikan sinyak ke otak rasa yang sedang anda cicipi. Penyebab mulut terasa pahit :

  • Mengalami masalah gigi dan mulut
  • Menderita penyakit lambung
  • Mengkonsumsi obat
  • Menghirup zat
  • Kekurangan vitamin
  • Ketidakseimbangan hormonal

Lalu bagaimana solusi untuk menghilangkan rasa pahit selama kehamilan? Tentunya seperti di awal dikatakan pasti ini menggangu nafsu makan. Solusinya cobalah mengkonsumsi makanan dan minuman yang berasa asam, usahakan rasa asam yang alami berasal dari buah-buahan. Misalnya air jeruk lemon, strawberry, dan berbagai jenis buah lainnya. Mengkonsumsi makanan asam akan memproduksi banyak liur sehingga mengurangi rasa pahit pada mulut. Jika ana sensitive dengan rasa manis maka dapat menambahkan garam sehingga dapat mengurangi kadar manis makanan seperti pada makanan selai atau buah kaleng. Tetap sehat dan diutamakan ibu hamil meningkatkan kesadaran akan kesehatan selama kehamilan. Sehingga tetap makanan yang bergizi walaupun terasa pahit. Tetap semangat!

Reply