Apa Saja Bahaya Radiasi Ponsel Untuk Kesehatan Janin?

Apa Saja Bahaya Radiasi Ponsel Untuk Kesehatan Janin

Ponsel merupakan gadget yang memang tidak bisa ditinggalkan walaupun sebentar saja. Gadget smartphone ini multifungsi sehingga sulit untuk meninggalkan gadget tersebut. apapun aktivitas yang kita lakukan pasti ditemani oleh ponsel. Namun, meskipun kita sudah mendengar bahwa adanya bahaya pada ponsel ini yang memang harus kita perhatikan secara seksama kadangkala kita abaikan.

Penggunaan ponsel tentu mengakibatkan hal buruk bagi kalangan masyarakat, tidak terkecuali untuk para ibu hamil diluar sana. Kebenaran itupun dibuktikan dalam sebuah penelitian di Universitas Yale, Amerika dimana mereka mengungkapkan bahwa memang benar ponsel dapat memiliki dampak buruk bagi kesehatan janin dalam kandungannya. Para peneliti memberikan saran agar para ibu hamil dapat meminimalisir penggunaan ponsel serta menaru ponsel pada tempat yang tepat sehingga radiasi yang dipancarkan tidak langsung berpengaruh terhadap sang janin dalam kandungan.

Apa saja bahaya radiasi ponsel untuk kesehatan janin ? ada beberapa dampak buruk yang dapat ditimbulkan dari sinar paparan matahari. Yaitu dapat mempengaruhi perkembangan otak bayi, menyebabkan gangguan memori (daya ingat), menimbulkan perasaan cemas, gangguan perilaku pada bayi serta dapat menyebabkan hiperaktivitas pada bayi nanti. Otak bayi tentu lebih sensitive dibandingkan otak orang dewasa, maka dari itu pasti radiasi tersebut dapat terasa secara langsung pada pertumbuhan serta perkembangan sang bayi. Terlebih lagi apabila jika penggunaaan ponsel ini seringkali dioperasikan. Para peneliti pun melakukan riset ini dengan hewan tikus, dimana tikus ini memiliki kesamaan genetic serta karakteristik biologis yang ditemukan pada manusia. Tikus yang sedang mengandung ini di uji dan ternyata anak yang dilahirkan mengalami masalah pada otak serta perilakunya. Maka dari itu dibutuhkan tindakan kalkulasi mengenai batasan paparan radiasi ponsel yang amandan masih diperbolehkan untuk diterima ibu hamil agar tidak menganggu kesehatan janin yang dikandung.

Adapun hal-hal yang patut disikapi oleh seorang ibu hamil agar bijak, yaitu gunakanlah ponsel sesuai dengan kebutuhan, jika memang tidak dipergunakan anda bisa menaruhnya ditempat sebagaimana mestinya asal jangan diletakkan didaerah perut, saku celana, ataupun saku baju. Jangan terlalu memainkan ponsel terlalu sering, saat anda tidur, jangan biasakan meletakkan ponsel didekat anda, simpanlah ponsel tersebut jauh dari anda sehingga saat anda tidur, tidak terkenan paparan radiasi. Jauhkan pula ponsel tersebut dari tubuh, terutama sewaktu ada menggunakan fasilitas Bluetooth dimana saat menyala, paparan radiasi akan terpancar dalam level tertentu. Nah itu dia bahaya radiasi ponsel untuk kesehatan janin, Jadilah ibu hamil yang bijak dalam menggunakan ponsel. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat. Selamat menunggu kelahiran sang buah hati ya

Reply