Apa Saja Cemilan Sehat Untuk Anak Yang Pastinya Juga bergizi

Apa Saja Cemilan Sehat Untuk Anak Yang Pastinya Juga Bergizi

Bukan hanya kita orang dewasa yang suka menyemil, namun kalau bisa dibilang juaranya nyemil ya anak-anak. Selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak, finger food juga bermanfaat untuk melatih kemampuan motorik halus si kecil. Contoh paling umum adalah biscuit khusus bayi yang banyak dijual di pasaran. Namun finger food tidak saja hanya biscuit, sayuran, buah-buahan, atau makanan olahan lain yang bisa dipegang / digenggam bayi juga merupakan makanan yang bisa menjadi cemilannya. Berikut ini kami akan membahasnya cemilan sehat untuk anak yang memang bergizi, simak berikut ini :

  1. Untuk bayi usia 6-7 bulan, bahan yang disarankan hanya golongan beras putih, beras merah, havermut, sayuran, kacang ijo, kentang, labu, ubi, dan mentimun, buah-buahan pisang, alpukat, aper dan pear. Usia selanjutnya bahan makanan bisa semakin beragam, bukan hanya sayuran dan buah tapi juga sumber protein bisa didapatkan dari daging ayam, sapi, hati, tahu, tempe. Khusus produk olahan susu yaitu keju, krim, dan yogurt. Dan ini boleh diberikan usia 9 bulan karena dikhawatirkan jenis makanan yang dimakan tidak cocok pada buah hati dan menyebabkan alergi.
  2. Perhatikan teksturnya ditahap awal pemberian pada usia 6 bulan finger food harus masih bertekstur lembut. Lalu secara bertahap berikan yang sedikit kasar atau tidak terlalu lembut lagi.
  3. Cermati ukurannya, yaitu dalam ukuran yang dapat digenggam oleh tangan mungil bayi. Ukuran cemilan yang terlalu kecil dapat membuatnya tersedak, lalu jika potongan yang terlalu besar susah digenggam untuk itu bunda pinter-pinter memotong agar sesuai dengan bentuk tangannya.
  4. Beberapa sayuran seperti wortel, buncis, labu, asparagus, brokoli, kembang kol dan lobak, saran dari kami untuk direbus dahulu agar lebih lunak sehingga nyaman untuk dimakan didalam mulut bayi.
  5. Jangan berikan cemilan berupa kacang, pop corn atau bahan makanan lain yang berukuran kecil tentu ini membuatnya tersedak.
  6. Ibupun bisa mengkreasikan cemilan sayuran dan buah-buahan agar menarik perhatian buah hati anda untuk memakannya jika tergolong anak yang sulit mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Itu dia beberapa saran dan apa saja cemilan yang sehat untuk anak. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba berkreasi ya bunda.

Reply