Apa Saja Factor Yang Mempengaruhi Persalinan

Apa Saja Factor Yang Mempengaruhi Persalinan

Ketika anda sudah dinyatakan positif hamil ini menjadi kebanggaan yang harus disyukuri anda bersama dengan pasangan anda. Tentu kehamilan yang bisa merubah fisik seorang wanita untuk itu dibutuh yang namanya beradaptasi dengan perubahan yang ada. Namun kali ini kami tidak akan membahas bagaimana perubahan yang terjadi saat proses kehamilan. Kami akan membahas factor yang mempengaruhi persalinan. Jika anda salah satu ibu yang sudah memasuki usia kehamilan di trimester terakhir rasanya deg-degan, senang ingin cepat ketemu buah hati anda semua rasa menjadi satu.

Nah ini penting sekali untuk ibu dengan usia kandungan 9 bulan atau yang akan menuju usia persalinan ini apa saja factor yang mempengaruhinya? Simak berikut ini :

  1. Passage

Ada 2 bagian yang akan mengalami keras yaitu tulang panggul dan bagian lunak yaitu otot-otot dan ligament. Jalan lahir menjadi tempat utama yang akan dilewati oleh bayi dari rongga panggul, dasar panggul, serviks dan vagina. Ini perlu menjadi perhatian yang lebih karena jalan lahir menjadi sebuah proses keluarnya buah hati anda maka tentunya anda menginginkan proses persalinan akan berjalan dengan baik dan normal. Jika jalan lahir ibu merasakan beberapa hambatan yang terjadi akan dilakukan tindakan lainnya oleh dokter.

  1. Power

Tenaga atau kekuatan terdiri dari kontraksi yang ada di uterus dan beberapa tenaga sangat melibatkan seorang ibu. Kontrasi yang melibatkan otot-otot rahim. Dimana kekuatan ini dibutuhkan untuk mendorong janin dapat keluar dari rahim. Kontrasi yang teradi bersifat involunter sehingga ini menjadi factor yang mempengaruhi persalinan yang memang dibutuhkan.

  1. Kejiwaan

Mungkin untuk factor yang ke 3 ini banyak yang masih belum tau. Jika ibu memiliki kejiwaan yang terganggu entah

itu stress dan ada hal lainnya sehingga ini sangat menggangu kejiwaan ibu ini berpengaruh kepada his dan akan terjadi dimana pembukaan akan mengalami hambatan. Dan kemungkinan besar persalinan akan terhambat.

  1. Passenger

Janin yang bergerak disepanjang jalan lahir menjadi tanda dan bisa mempengaruhi proses persalinan.  Passenger terdapat kepada janin, peresentasi, leak dan bahkan posisi janin.

  1. Para penolong

Saat menetukan kelahiran atau persalinan maka untuk para penolong sangat dibutuhkan untuk proses persalinan berjalan dengan lancar. Nah ini termasuk kedalam factor yang mempengaruhi persalinan. Karena tanpa adanya para penolong anda tidak mampu agar persalinan akan terkendali.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat anda jadikan wawasan informasi yang lebih untuk lebih mengetahui factor yang mempengaruhi persalinan. Semangat bunda siap-siap akan bertemu buah hati yang selama ini ditunggu.

Reply