Apa Saja Faktor Yang Mempengaruhi Persalinan?

Apa Saja Faktor Yang Mempengaruhi Persalinan

Ketika anda sudah dinyatakan positif hamil oleh dokter rasanya tidak sabar menunggu kehadiran buah hati anda kedunia. Tanda-tanda perubahan yang terjadi pada fisik anda sungguh terasa anda rasakan. Namun tidak langsung terjadi setelah usai pembuahan, mulai dari segi emosi dan fisik ibu. Perubahan yang terjadi pada ibu tentu memiliki pengaruh besar terhadap dirinya. Karena melalui perubahan tersebut seorang ibu dapat beradaptasi dan menghadapi perbedaan yang terjadi. dan ternyata perubahan fisik terasa sampai persalinan tiba. Lalu apa saja yang harus diketahui ibu saat mengandung, dan factor yang mempengaruhi persalinan? Langsung saja simak dengan singkat melalu artikel ini :

  1. Passage

Terbagi menjadi dua bagian yaitu:

Bagian keras yaitu tulang panggul dan bagian lunak ialah otot-otot dan ligament. Sudah sering dibahas jalan lahir menjadi tempat utama yang akan dilewati oleh bayi dari rongga panggul, dasar panggul, serviks dan vagina. Jalan lahir sangatlah diutamakan dan perhatikan karena disini dimana proses persalinan akan berjalan dengan baik dan normal. Jika jalan lahir mengalami gangguan atau tidak terasa normal maka persalinan akan mengalami beberapa hambatan yang terjadi dan bisa memungkinkan anda melewati proses Caesar.

  1. Power

Tenaga atau kekuatan terdiri dari kontraksi yang ada di uterus dan beberapa tenaga sangat dibutuhkan yang asalnya memang dari ibu. Ada yang namanya his yang merupakan kontraks yang melibatkan otot-otot rahim. Power merupakan kekuatan atau tenaga yang mendorong janin dapat keluar dari rahim dan kekuatan tersebut berasal daru kontraksi his atau uterus. Kontraksi menjadi peranan penting dalam mempengaruhi persalinan yang perlu diperhatikan.

  1. Kejiwaan

Ketika anda dan suami sudah siap memiliki momongan tentu segala halnya benar-benar harus disiapkan contohnya coba konsultasi dan cek kesehatan anda sebelum kehamilan ada. Salah satunya yaitu kejiwaan itu sangat penting diperiksa ya. ketika sang ibu tidak memiliki psikis yang buruk maka akan membuat dan mempengaruhi his dan pembukaan kurang lancar. Kemungkinan besar persalinan juga akan mengalami keterhambatan.

  1. Passenger

Janin yang berkembang dan tentunya bergerak disepanjang jalan lahir menjadi tanda dari factor yang mempengaruhi persalinan. Passenger terdapat kepala janin, peresentasi, leak dan bahkan posisi janin.

  1. Para penolong

Dalam menentukan kelahiran atau persalinan maka para penolong sangata dibutuhkan untuk proses kelancaran proses dari factor yang mempengaruhi persalinan, dengan adanya para penolong seperti suami yang mendampingi, suster dengan arahan-arahannya yang menenangkan hati maka proses persalinan akan terkendalikan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang pentingnya mengetahui apa saja factor yang mempengaruhi persalinan. Semangat terus bunda dan semoga diberikan kelancaran saat persalinan agar tidak ada hambatan, amin.

Reply