Apa saja Gangguan keseimbangan Hormon penyebab wanita sulit hamil?

Apa saja Gangguan keseimbangan Hormon penyebab wanita sulit hamil

Setelah menikah, tentu pasangan suami istri akan menantikan kehadiran sang buah hati dengan melakukan program kehamilan serta mempersiapkan kehamilan tersebut mulai dari biaya biaya yang akan dikeluarkan, nama untuk calon bayi, dan segala sesuatu yang diperlukan. Namun, kadang kala harapan tersebut tidak mudah didapatkan. Ada yang belum ingin mendapatkan anak tetapi malah diberikan keturunan, dan justru pasangan yang menanti-nantikan keturunan malah belum diberikan juga. Pasti akan ada pertanyaan, apakah ada Gangguan keseimbangan Hormon penyebab wanita sulit hamil atau penyebab lainnya seperti adanya penyakit dari sang istri maupun suami itu sendiri.

Gangguan keseimbangan Hormon penyebab wanita sulit hamil memang merupakan salah satu penyebab tertundanya kehamilan dikarenakan produksi hormone androgen yang berlebih, padahal hormone androgen berfungsi dalam tumbuh kembang laki-laki. Hal ini ditandai dengan wajah yang berminyak, rambut yang tumbuh lebih banyak dari wanita lain, baik di tangan maupun dikaki. Gangguan ini pun biasa dikenal dengan sebutan Polycystic ovary syndrome atau PCOS. PCOS ini berbeda dengan kista karena tepatnya pada indung telur pada ruangnya terdapat benda padat atau cairan. Pada wanita yang memiliki siklus haid yang normal, folikel akan membesar serta matang hingga memiliki ukuran 18-25mm.

Melakukan deteksi dini mengenai PCOS perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan bagi anda yang mengalami gangguan datang bulan yang mulai terdeteksi dikarenakan terlalu banyak kandungan hormone endrogen didalam tubuh dalam jangka waktu dan juga volume pendarahan yang terjadi pada tiga bulan terakhir. Gangguan ini pun baru disadari oleh beberapa wanita yang berada pada usia 20-an atau pada wanita yang memang sudah menikah.

Adapun tanda-tanda lainnya seperti wanita mulai mengalami kerontokan rambut dan juga mengalami kegemukan sehingga dihubungkan dengan peningkatannya resiko tekanan darah yang tinggi, diikuti dengan kolesterol serta diabetes. Bagi kalian yang memang merasakan hal-hal tersebut, disarankan untuk mengalami kondisi seperti gejala diatas maka anda disarankan untuk mengurangi produksi dari kadar insulin didalam tubuh dan juga hormone endrogen.

Ada beberapa pencegahan pada Gangguan keseimbangan Hormon penyebab wanita sulit hamil seperti terapi dengan pemberian obat penyubur dari resep dokter bagi wanita yang sudah menikah, mengurangi berat badan dengan melakukan olahraga secara berkala namun tidak berlebihan, lalu melakukan terapi diabetes untuk meminimalisir insulin yang menyebabkan gangguan pada folikel pada sel telur.

Semoga dengan melakukan beberapa pencegahan ini, sekiranya dapat meminimalisir sulitnya untuk mendapatkan anak. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian, selamat mencoba dan selamat menanti kehadiran sang buah hati.

Reply