Apa Saja Kebutuhan Nutrisi Setiap Trimester Kehamilan Anda?

Apa Saja Kebutuhan Nutrisi Setiap Trimester Kehamilan Anda

Didalam kehamilan dibagi menjadi 3 bagian yaitu bulan ke 1 hingga ke 3 yang di sebut dengan trimester pertama. Bulan selanjutnya yaitu 4 hingga 6 merupakan trimester tengah atau kedua, kemudia trimester akhir yaitu bulan ke 7 hingga kelahiran bayi. Di setiap perkembangan trimester bayi memberikan tanda berkembangnya yang berbeda-beda dan juga semakin berkembangnya trimester dan bayi semakin pula banyak nutrisi yang di butuhkan berbeda-beda. Nah kita akan membahas apa saja kebutuhan nutrisi setiap trimester kehamilan anda..

Kita mulai dari trimester pertama yaitu di minggu pertama pembuahan hingga minggu kedua belas adalah perkembangan janin untuk kelengkapan organ penting. Nah pada bulan pertama nutrisi yang di perlukan antara lain kalori yang ekstra. Perkembangan janin membutuhkan asupan kalori yang sesuai sehingga dapat terbentuk pesat. Asupan kalori terkadang tersendat karena adanya mual atau kehilangan nafsu makan. Untuk itu menjadi seorang ibu tidak gampang. Sebisa mungkin anda harus melawan rasa itu. Ada juga karbohidrat sebesar 2000 kilo kalori yang bisa didapatkan di nasi, roti, gandum, sereal, dll. Kalsium juga seperti pada umumnya di ketahui sangat bagus dalam pembentukan tulang rangka janin saat memasuki minggu ke 7 perbanyak konsumsi kalsium yang didapat dari susu, yoghurt, dan jenis makanan lainnya yang mengandung susu. Anda bisa tambahkan vitamin A, B1, B2, B3 dan B6 agar tumbuh kembang janin semakin sempurna. Dan jangan lupa juga dalam pembentukan sel darah yang sempurna B12 sangat penting ada di bagian itu. Bisa anda dapatkan dari sayur-sayuran dan buah-buahan.

Selanjutnya trimester kedua di trimester kedua ini kemampuan janin semakin berkembang. Dan ini memberikan cirri-ciri atau tanda-tanda yang cukup pesat atau cepat. Namun jangan lupa untuk anda mensisati dengan asupan nutrisi yang seimbang tentunya. Pada perkembangan minggu ke 13 hingga minggu ke 18 terjadi perkembangan tumbuh kembang organ janin yang sangat penting. Sama halnya seperti trimester pertama kalau trimester kedua kalori yang harus anda dapatkan di tingkatkan lagi hal yang anda perjuangkan tidak akan sia-sia. Karena calon bayi anda akan tumbuh kembang sehat dan sempurna. Vitamin C tujuannya mengoptimalkan pembentukan sel sel darah merah dalam mendukung jantung dan system peredaran darah janin yang sedang berkembang pada minggu ke 17. Omega 3 dan mengkonsumsi air putih sangat penting sehingga ibu tidak merasakan yang namanya dehidrasi. Ini tujuannya juga menghindari sembelit dan wasir yang banyak di derita ibu hamil.

Terakhir trimester ketiga ini puncak yang selama ini anda tunggu menanti calon buah hati. Dan menunggu kelahiran maka anda harus mempersiapkan segala energy yang mencukupi dalam kesiapan persalinan. Tetap sama persiapkan kalori yang akan berperan dalam pertumbuhan jaringan janin dan plasentanya. Asupan kalori bisa anda dapatkan di sereal, kentang, mentega, susu, telur, alpukat, dan minyak nabati. Jangan lupakan vitamin B6 untuk membantu metabolisme didalam tubuh, vitamin B1, B2, dan B3 membantu enzim dalam mengatur system pernapasan dan energy. Dan jangan lupa peranan yang teramat penting cairan dalam mengatur sel-sel baru, pengaturan suhu tubuh dan proses metabolisme. Untuk itu penting konsumsi air minimal 2 liter sehari. Siap menanti calon buah hati anda, sudah siap? Atau masih mau menunggu waktu yang lama? Selamat berbahagia untuk anda yang akan merasakan menjadi ibu sesungguhnya.

Reply