Apa Saja Kuncinya Agar Anak Mau Makan?

Apa Saja Kuncinya Agar Anak Mau Makan

Bagi setiap orang tua tumbuh kembang anak tentu menjadi perhatian khusus yang memang harus dijaga dan diperhatikan. Terutama ketika tumbuh kembang anak sedang berkembangnya diusia umur yang memang sedang melewati masa tersebut segala asupan makanan harus diatur terutama untuk makanan yang bergizi dan bermanfaat untuk kesehatannya. Namun tidak semua orang tua bisa mengalami hal yang gampang saja anaknya diberi makan apapun terutama makanan yang tidak semua anak menyukainya contohya sayuran.

Itu dia mengapa menjadi orang tua segala sesuatunya harus disiapkan bukan hanya kesiapan dalam sebuah pernikahan bersama pasangan, namun kesiapan akan menjadi orang tua itu sangat penting dan tidak boleh disepelekan. Dan kali ini kami akan membahasnya apa saja kunci agar anak mau makan terutama pada anak yang memang masih berusia balita. karena usia anak 1-5 tahun, mereka terus aktif bergerak dan pastinya hal ini akan sangat berpengaruh terhadap pola makan si kecil. Sehingga bunda benar-benar harus mencari cara yang benar dan tidak membahayakan dan memberikan dampak buruk kepada si kecil juga ya tentunya.

Ini memang sulit sekali untuk bunda terutama jika buah hatinya merupakan anak yang aktif. Bunda akan mendapatkan berbagai macam perlawanan ataupun penolakan dari anak dan juga disertai dengan tangisan. Dan ketika bunda menghadapi situasi seperti itu, maka bunda akan lebih di tuntut untuk lebih sabar dan tidak mudah terpancing emosi. Langsung aja simak berikut ini cara dan kunci agar anak mau makan yang bisa bunda terapkan berikut ini :

  1. Terapkan acara makan bersama keluarga setiap harinya

Maksudnya disini yaitu ketika si kecil melihat orang tua dan anggota lainnya makan secara bersamaan, maka si kecil juga tertarik untuk menyantap jika si kecil menolak untuk manyantap makanannya, maka bunda bisa meminta si kecil untuk tetap duduk diruangan tersebut hingga semuanya selesai/berikan cemilan favoritnya.

  1. Sajikan makanan dalam porsi sedang atau porsi kecil tapi lebih sering

Ada beberapa anak-anak yang justru kehilangan nafsu makannya ketika bunda menyajikan makanan dalam porsi yang besar. Jika anak anda salah satu yang merasakan itu, tentu anak anda akan merasa kenyang duluan sebelum mereka menyantap makanannya. Untuk itu bunda dianjurkan untuk menyajikan makanan kepada si kecil dalam porsi yang cukup. Dan jika si kecil berhasil menghabiskannya maka bunda bisa berikan pujian, dan bunda bisa berikannya lagi kepada si kecil jika masih merasa lapar.

  1. Ciptakan suasana yang menyenangkan setiap kali anak makan

Bunda bisa menciptakan suasana yang santai dan tidak dalam keadaan terburu-buru, apalagi ketika si kecil masih ada didalam tahapan belajar makan sendiri. Karena pemberian makan yang terburu-buru akan membuat si kecil menjadi tersedak. Bukan hanya itu bunda bisa menciptakan suasana yang menyenangkan, ketika si kecil sedang makan. Contohnya bunda mengajaknya untuk bercakap-cakap, terkait makanan apa yang saat itu sedang ia makan, contoh bercakapannya membahas brokoli yang sedang dimakan mengandung banyak vitamin, memiliki tenaga yang kuat, atau bahkan cepat besar. Dengan begitu si kecil senang dengan makanan yang ia konsumsi.

  1. Sajikan menu makanan bervariasi setiap harinya supaya anak tidak bosan

Menu makanan yang bervariasi juga sangat baik dan membantu si kecil dalam mencukupi asupan gizinya. Jelas bunda pasti mengetahuinya bahwa si kecil masih membutuhkan berbagai macam vitamin dan juga mineral yang baik untuk tubuh setiap harinya. Untuk itu bunda harus menyajikan beberapa jenis menu makanan yang memang telah diatur. Sehingga si kecil mendapatkan semua kandungan gizi yang ia butuhkan.

  1. Sajikan makanan dengan tampilan yang menarik

Ketika si kecil enggan untuk makan, maka bunda bisa memberikan tampilan yang menarik. dan ini bertujuan agar si kecil semangat untuk memakan makanannya. Buat kreasi dengan membuat makanannya dengan potongan bentuk yang lucu, lalu dipadupadankan dengan warna yang kontras yang memang menarik untuk anak makan. Contohnya saja anda buat sate bola daging cincang, sate buah, nasi goreng dibentuk menyerupai muka sedang senyum, kentang bola-bola yang digoreng. Dan beberapa jenis makanan lainnya yang kaya akan nutrisi yang baik untuk bayi.

  1. Orang tua harus sabar

Bisa saja terkadang si kecil hari ini mau memakan makanan yang bunda buat, namun besok bisa saja tidak mau dan menolak memakannya. Ketika hal ini terjadi, maka bunda harus bersabar dalam memberikan makan pada si kecil. Karena tidak bisa dihidnari sifat dan karakter anak berbeda-beda.

Itu dia beberapa yang bisa bunda contohkan. Kunci utama yang harus bunda miliki ketika si kecil mulai enggan untuk mengkonsumsi makanan yang bunda sajikan yaitu bersabar dan jadilah bunda yang lebih kreatif untuk membujuk si kecil agar mau makan dan ingan gunakan cara yang tidak membahayakan buah hati misalkan saja ada beberapa orang tua yang pada nyatanya sering membujuknya dengan memberikan gadget, tentu itu membahayakan buah hati. Karena sudah pernah kami bahas bahaya gadget untuk pertumbuhan dan mental anak. Semoga tips ini membantu agar anak mau makan dengan cara yang bijak dan semangat untuk bunda yang sedang mengalami ini ya.

Reply