Apa Saja Larangan Saat Haid Yang Harus Di Hindari

Apa Saja Larangan Saat Haid Yang Harus Di Hindari

Haid / menstruasi adalah siklus bulanan yang rutin dialami wanita setiap bulannya. Haid merupakan perubahan fisiologis didalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala serta dipengaruhi oleh hormone estrogen dan progesterone. Siklus haid yang terjadi pada wanita rata-rata 28 hari. Namun tidak semua wanita mengalami siklus menstruasi atau haid secara rutin dan teratur.

Ketika menstruasi sedang berjalan wanita sebisa mungkin harus menikmati walaupun ada beberapa wanita yang sakit saat mengalami dan melewati masa haid tapi tenang haid atau menstruasi akan berhenti dengan sendirinya saat anda mengalami menopause. Menopause meruapakan terhentinya siklus haid secara fisiologis karena dipengaruhi oleh factor usia seorang wanita. Nah kali ini kami akan membahas yang biasanya orang bicarakan yaitu larangan saat haid. Yang tidak boleh dilakukan pada waktu haid.

Simak berikut ini beberapa hal yang dilarang saat haid :

  1. Berhubungan intim

Melakukan hubungan suami istri pada waktu haid secara tegas tidak diperbolehkan, baik itu menurut hukum agama ataupun menurut medis. Kenapa? Karena organ intim wanita pada waktu haid tidak steril sehingga tidak aman untuk melakukan hubungan intim. Darah haid seperti yang kita ketahui yaitu darah kotor yang mengandung banyak bakteri. Apabila waktu haid melakukan hubungan intim maka dikhawatirkan akan terjadi infeksi pada organ reproduksi wanita.

Dan ini perlu anda ketahui memaksakan untuk melakukan hubungan suami istri pada waktu haid beresiko menyebabkan sudden death atau kematian mendadak. Kenapa bisa terjadi? Pada waktu haid pembuluh darah pada organ reproduksi akan terbuka sehingga ketika melakukan hubungan badan sangat beresiko terbawanya udara dari luar dan masuk ke dalam pembuluh darah sampai ke jantung.

  1. Melakukan olahraga berat

Larangan selanjutnya yaitu melakukan olahraga berat dan tidak teratur. Pada waktu menstruasi memang tidak dilarang untuk olahraga. Bahkan sangat dianjurkan melakukan olahraga pada waktu menstruasi untuk melancarkan sirkulasi darah. Namun waktu haid sebaiknya anda memperhatikan dan membatasi porsi olahraga. Hindari olahraga yang berat. Hal ini karena pada waktu haid banyak pemuluh darah yang terbuka sehingga apabila melakukan olahraga berat sangat beresiko menyebabkan pendarahan yang tidak normal.

  1. Mengkonsumsi minuman dingin dan soda

Hal ini tidak sepenuhnya dilarang saat haid. Hanya saja sebaiknya anda tidak banyak mengkonsumsi jenis minuman bersoda karena bisa mempengaruhi keseimbangan hormone. Dan jangan dibiasakan mengkonsumsi minuman dingin atau air es. Karena akan memperlambat dan menghambat keluarnya darah haid.

  1. Berenang

Berenang waktu haid tidak dianjurkan karena dikhawatirkan pembuluh darah yang terbuka dan terkena air tidak steril dari kolam renang dan beresiko menyebabkan infeksi. Selain itu juga menggangu kenyamanan anda.

Untuk itu semuanya harus anda pertimbangkan kembali dan jangan lakukan yang memang dilarang saat haid. Sabar dan semangat ya.

Reply