Apa Saja Makanan Bayi 9 Bulan? Mari Cari Tau

Apa Saja Makanan Bayi 9 Bulan Mari Cari Tau

Perlu bunda ketahui diusia bayi ke 9 bulan sudah saatnya bayi bergerak sangat aktif. Bayi sudah memiliki kemampuan untuk merangkak dan berusaha mengambil segala sesuatu yang dilihatnya. Dengan berjalannya waktu pergerakan bayi yang semakin aktif maka kebutuhan nutrisi untuk tubuhnya semakin bertambah. Perlu diketahui makanan bayi 9 bulan sudah memilik tekstur harus lebih kental. Tujuannya untuk menstimulasi pertumbuhan giginya.

Tentunya setiap orang tua mau memberikan asupan nutrisi untuk tumbuh kembang buah hatinya dengan baik. Sumber makanan yang diberikan untuk bayi harus seimbang artinya harus memperhatikan kandungan zat gizi sesuai dengan anjurannya. Disini tugas bunda semakin dilatih yaitu memberikan inspirasi dan mencari makanan yang bernutrisi sehingga nafsu makan bayi tidak akan terganggu. Dan kali ini kami akan memberikan apa saja makanan bayi 9 bulan yang bisa bunda buat dirumah :

Bayi tentu membutuhkan tambahan nutrisi yang lainnya yang bisa diperoleh dari sayuran dan buah-buahan. Untuk menyajikan sayuran bagi bayi usia 9 bulan bisa dicampurkan dengan nasi tim.

  1. Nasi tim untuk bayi

Nasi tim bisa menjadi salah satu pilihan untuk makanan bayi usia 9 bulan. Tekstur yang lembut dan sedikit lengket akan memudahkan bayi dalam menelan makanan tersebut. Nasi tim sangat dipercaya sangat baik untuk pencernaan bayi 9 bulan. Untuk mencukupi kebutuhan tersebut anda bisa memberikan tambahan beberapa jenis sayuran kedalam nasi tim. Ada bahan-bahan untuk membuat nasi tim yaitu :

  • 20sdm beras merah
  • 500ml air kaldu
  • 20gr brokoli
  • 20gr wortel
  • 20gr hati ayam dan keju
  • Cara membuat :
  • Rebus beras merah dan hati ayam dengan air kaldu sampai matang dan kental.
  • Lalu masukkan brokoli dan wortel yang sudah dihaluskan.
  • Lalu aduk hingga merata.

Dan anda bisa tambahkan parutan keju pada nasi tim agar menambah cita rasa dan juga nutrisi yang alami dari rasa asin keju. Nasi tim bisa menjadi alternative untuk makanan bayi 9 bulan.

  1. Cemilan sehat untuk bayi

Bayi umur 9 bulan tidak bisa hanya diberikan nasi tim saja. pada usia tersebut bayi sudah memiliki kemampuan untuk menggengam makanan. Oleh karena itu anda bisa memberikan makanan padat yang bisa digenggam bayi. Anda bisa memberikan cemilan sehat seperti buah-buahan atau biscuit. Anda bisa buat olahan biscuit dengan susu lalu bisa siapkan buah apel lalu dihaluskan dan tambahkan air hangat dan dicampurkan bersama dengan biscuit tadi. Cemilan biscuit ini bisa menjadi salah satu pilihan makanan sehat untuk bayi 9 bulan.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba bunda.

Reply