Apa Saja Makanan Penambah Darah Yang Cocok Untuk Semua Orang

Apa Saja Makanan Penambah Darah Yang Cocok Untuk Semua Orang

Ketersediaan darah yang sehat dan mencukupi tentu sangat membantu manusia dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Dengan menjaga pola makan maka tubuh sudah pasti sehat, tubuh yang sehat tentu berpengaruh akan pola hidupnya. Hal ini jangan dianggap remeh karna kebutuhan darah didalam tubuh harus tercukupi dengan baik. Agar terhindari dari penyakit anemia dan kekurangan darah yang bisa menggangu jalannya aktivitas keseharian anda.

Ada beberapa orang yang memang mengandalkan obat-obatan sebagai penambah darah dan rela mengeluarkan uang untuk mendapatkan obat yang dibutuhkan. Namun sebenernya kita bisa tidak ketergantungan dengan obat. Tinggal diri kita saja bagaimana menerapkan lingkungan sebagai sumber makanan yang sehat. Nah untuk lebih jelasnya, kami akan membahas makanan penambah darah yang bisa anda dapatkan dimana saja dan tentunya cocok untuk semua orang yang mengkonsumsinya :

  1. Daging merah

Daging yang mempunyai manfaat baik sebagai penambah darah memang bekerja begitu cepat didalam tubuh. Ada yang paling efektif yaitu daging merah seperti daging sapi, kambing dan kerbau. Daging merah mengandung protein hewani, zat besi, mineral dan protein. Dimana zat besi inilah meningkatkan hemoglobin didalam tubuh. Dan protein didalamnya akan membantu menyusun sel-sel darah merah.

  1. Ikan

Memang tidak semua orang menyukai ikan namun perlu diketahui jenis ikan yang kaya akan kandungan asam lemak, omega 3 yang sangat baik dikonsumsi. Salah satu ikan yaitu ikan salmon yang berguna untuk menambah darah, lantaran selain banyak kandungan omega 3 juga kaya akan kandungan vitamin B-12 sebagai pembentukan sel-sel darah. Ikan salmon rendah kolesterol jahat sehingga tidak akan membahayakan tubuh.

  1. Kacang-kacangan

Sebenarnya kacang-kacangan merupakan sayuran yang berasal dari tumbuhan kacang. Beberapa jenis kacang yang biasa anda jumpai seperti buncis, kacang merah, kacang almond, kacang panjang dan kacang hijau. Kacang mengandung zat besi yang dapat menaikkan kadar HB didalam darah. Tidak hanya itu kacang juga mampu menambah proses naiknya tekanan darah.

  1. Sayuran

Tentu semua orang harus mengkonsumsi yang namanya sayuran. Karena banyak sekali sayur penambah darah, salah satunya brokoli dengan kaya protein nabati dan zat besi. Sehingga dapat membantu proses pertumbuhan sel darah merah secara lebih cepat. Brokoli juga mampu mengikat radikal bebas dan memperkuat system imunitas tubuh, lantaran kandungan vitamin C didalamnya. Sayuran bayam juga bagus karena mengandung kalium, rendah sodium, dan Fe. Dengan begitu bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga aliran darah tetap lancar.

  1. Buah-buahan

Buah kurma, dan strawberry sangat baik dikonsumsi untuk penambah darah. Buah kurma yang mampu menghalau gejala dari tekanan darah rendah, dan kandungan vitamin B-kompleks dapat meningkatkan produksi sel darah merah ditubuh dan menurunkan resiko terjadinya anemia. Sedangkan strawberry mempunyai kandungan antioksidan, vitamin, zat besi, serat tinggi, dan rendah lemak, sehingga baik untuk menambah darah dalam tubuh.

Itu dia makanan penambah darah yang mudah didapatkan, jika anda mau terhindar dari yang namanya kekurangan darah, tidak ada kata terlambat mengubah pola hidup dari sekarang. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memenuhi kebutuhan asupan nutrisi anda dalam sehari-hari. Selamat mencoba.

Reply