Apa Saja Makanan Untuk Ibu Hamil Muda Yang Perlu Diperhatikan

Apa Saja Makanan Untuk Ibu Hamil Muda Yang Perlu Diperhatikan

Ketika anda dan suami memutuskan untuk menjalankan program kehamilan. Dan ternyata anda positif hamil nah sudah memasuki masa kehamilan, sangat disarankan bagi anda untuk lebih selektif dalam memilih jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Makanan untuk ibu hamil muda yang tentunya sehat harus diperhatikan terutama vitamin dan mineral untuk menunjang kesehatan dan membantu tumbuh kembang janin didalam kandungan.

Pada usia kehamilan muda, kebutuhan nutrisi ibu hamil meningkat 2x lipat. Hal ini karena pada usia kehamilan muda terjadi proses pembentukan organ janin yang membutuhkan banyak asupan nutrisi. Dan disamping itu anda juga harus berhati-hati dalam memilih jenis makanan dan menghindari jenis makanan yang memang membahayakan kehamilan. Langsung saja simak berikut ini daftar makanan untuk ibu hamil muda yang perlu diperhatikan :

  • Buah-buahan

Buah-buahan dianjurkan bagi ibu hamil muda karena memiliki manfaat yang luar biasa dengan adanya vitamin dan mineral didalam buah-buahan yang juga memiliki serat yang berguna untuk mengatasi gangguan pencernaan pada ibu hamil. Buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi yaitu buah pisang, alpukat, jeruk, kurma dan anggur. Dan pada tahap kehamilan muda hindari buah papaya, nanas dan durian karena beresiko akan menggangu kehamilan.

  • Sayuran

Sayuran juga termasuk yang dianjurkan sebagai makanan sehat untuk ibu hamil muda karena kandungan vitamin, serat dan mineralnya. Kandungan zat besi yang ada disayuran sangat efektif untuk membantu pembentukan sel darah merah dalam menunjang perkembangan janin. Jenis sayuran yang dianjurkan yaitu asparagus, bayam, sawi, dan brokoli.

  • Sereal

Pada awal kehamilan sebaiknya anda mengkonsumsi cemilan sehat seperti sereal gandum. Sereal bisa anda konsumsi untuk pengganti nasi sehingga begitu kebutuhan nutrisi anda dan janin akan tercukupi karena mengandung asam folat dan nutrisi yang penting.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan disarankan untuk ibu hamil karena mengandung protein dan vitamin yang dibutuhkan untuk pertumbuhan janin. Selain itu protein tersebut dibutuhkan untuk sumber energy bagi ibu hamil dalam menjalani kegiatan. Jenis kacang yang bisa dikonsumsi yaitu kacang hijau, kacang kedelai dan kacang merah.

  • Air kelapa

Air kelapa sangat baik dan sehat untuk ibu hamil muda karena mengandung berbagai zat yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Menurut beberapa riset mengatakan bahwa air kelapa mengandung elektrolit alami untuk menjaga dan memulihkan stamina ibu hamil. Dan air kelapa bermanfaat untuk kesehatan janin dan air ketuban. Dengan mengkonsumsi rutin air kelapa maka berguna dalam menjaga kebutuhan cairan dan mencegah dehidrasi.

Selain mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang telah disebutkan. Pada usia kehamilan tahap awal sebaiknya anda menerapkan pola makan dan jadwal makan secara teratur. makanlah dengan porsi yang sedikit namun sering dan perhatikan asupan cairan untuk tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat.

Reply