Apa Saja Menu Makan Anak Usia 2 Tahun Yang Sehat Dan Bergizi

Apa Saja Menu Makan Anak Usia 2 Tahun Yang Sehat Dan Bergizi

Kali ini salah satu pembahasan yang penting dan perlu semua bunda ketahui terutama untuk bunda yang mempunyai buah hati usia 2 tahun. Asupan makanan yang diperlukan bagi kebutuhan energy untuk masa ke kanak-kanak sehari-hari, mempertahakan fungsi organ tubuh, penyembuhan saat sakit, dan yang paling penting, sebagai energy untuk tumbuh kembangnya. Pada kali ini kami akan membahas menu makan anak usia 2 tahun. Dimana usia 2 tahun, kebutuhan energy si kecil adalah 100 kalori per kilogram berat badannya. Dan juga si kecil membutuhkan 1,5gr protein per kilogram berat badannya, 8mg zat besi perhari. 350mg kalsium perhari dan 1-1,5 liter cairan perhari. Dan kebutuhan gizi ini dapat dipenuhi dengan memberikan beberapa makanan berikut :

  1. 3 gelas susu
  2. 12 sendok makan nasi
  3. 1 butir telur, diolah bisa menjadi omelet dengan margarine
  4. 1 potong dada ayam ukuran sedang
  5. 1 buah jeruk/1potong papaya ukuran sedang/mangga ukuran sedang
  6. ½ mangkuk sayur
  7. 170gr daging sapi
  8. 100gr kacang tanah

Jika si kecil mengemut makanannya, makan adalah proses belajar bagi si kecil. Untuk itu berilah ia makanan dengan tekstur yang berubah secara bertahap sejak bayi. Mulai dari makanan yang ditumbuk, disaring, kemudian dicincang. Ini tujuannya agar si kecil belajar mengunyah makanannya. Biasanya si kecil akan tertarik pada makanan yang tampak menarik dari pada yang bercampur aduk. Untuk itu disarankan untuk ibu menyajikan nasi, sayuran dan lauk pauk secara terpisah. Berikut ini contoh menu makan anak usia 2 tahun dan beberapa variasi makanan yang dapat diberikan pada buah hati :

  1. Telur puyuh

Telur puyuh merupakan sumber protein yang baik. Dalam 100gr telur puyuhm terdapat 13,05gr protein. Kandungan ini lebih tinggi dari telur ayam ataupun telur bebek. Dan selain itu keunggulan protein telur dibandingkan dengan protein hewani yaitu daya cernanya yang sangat tinggi. artinya setiap gram protein yang masuk akan dicerna oleh tubuh si kecil dengan sempurna.

  1. Kepiting

Daging kepiting kaya akan protein. Tidak hanya itu daging kepiting juga merupakan sumber karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, dan vitamin B1.

  1. Bayam merah

Bayam merah mempunyai kandungan zat besi yang tinggi. sehingga dapat membantu mencegah anemia pada si kecil. Bayam merah juga kaya akan vitamin A, yang baik untuk kekebalan tubuh dan kesehatan mata.

  1. Jambu biji

Buah ini mengandung banyak vitamin C, kalium dan zat besi. Sebagian vitamin C yang terkandung dalam jambu biji berada pada bagian kulit dan dagingnya. Dan jambu biji merupakan sumber serat dan karoten.

  1. Nanas

Nanas merupakan buah yang bergizi tinggi, karena mengandung vitamin C, mangan, kalium, karoten dan xantofil. Nanas juga mengandung enzim bromelin yang baik untuk pencernaan dan dapat mengurangi resiko terjadinya peradangan.

  1. Selada air

Selada air banyak mengandung serat, antioksidan, vitamin C, vitamin E, betakaroten (pro vitamin A), zat besi (Fe), dan seng (Zn). Selada air cocok diolah untuk menjadi tumisan, sup, atau lalapan (direbus) dan bisa juga dijadikan campuran salad atau isian sandwich.

Dan ini juga menjadi catatan untuk factor lingkungan, ibu sebaiknya menciptakan lingkungan yang menyenangkan bagi si kecil saat makan. Ketika memberi makan, usahakan didalam lingkungan di sekitarnya tidak terdapat paksaan dan beragam distraksi (mainan, televise atau perangkat elektronik). Prosedur pemberian makanan juga harus ibu perhatikan. seperti dengan mengajak si kecil untuk makan sendiri. Jika si kecil menunjukkan tanda tidak mau dengan menutup mulutnya, memalingkan muka/menangis. Tawarkan kembali makanan secara netral tanpa memaksa dan membujuk. Bila 10-15 menit si kecil tetap tidak mau makan, ibu bisa mengakhiri proses makannya. Itu dia beberapa menu makan anak usia 2 tahun yang simple namun tetap harus mendapatkan perhatian khusus. Semoga bermanfaat.

Reply