Apa Saja Obat Batuk Untuk Ibu Hamil Yang Aman

Apa Saja Obat Batuk Untuk Ibu Hamil Yang Aman

Ketika anda sedang hamil tentu segala aspek hal berubah yang bisa dilihat yaitu perubahan kekebalan tubuh ketika sedang hamil. efeknya yaitu jadi lebih rentan terhadap batuk saat hamil, nah ini yang akan kami bahas mengenai obat batuk untuk ibu hamil bila di anggap sepele atau dibiarkan batuk semakin parah dan membuat anda dan orang di sekitar merasa tidak nyaman. Untuk itu segera atasi sakit batuk anda namun ada yang khusus kali ini karena untuk ibu hamil tentu tidak boleh sembarangan obat. Lalu apa saja obat batuk yang diperbolehkan dan aman untuk dikonsumsi ibu hamil.

Tentu semua orang juga sudah mengetahui bahaya obat yang sangat tidak baik untuk pertumbuhan janin didalam kandungan. Perhatikan obat-obatan yang boleh untuk anda yang sedang hamil. obat batuk golongan ekspektoran atau yang mengandung fuaifenesin yang bisa mengatasi batuk berdahak. Obat batuk golongan supresan atau yang mengandung dextromethorphan yang biasanya untuk mengatasi batuk kering. Kombinasi antara guaifenesin dan dextromethorphan.

Nah untuk obat batuk yang tidak diperbolehkan atau tidak boleh dikonsumsi ibu hamil yaitu :

Codeine yang merupakan golongan opioid yang dapat diberikan pada batuk kering yang membandel. Obat ini memberikan efek ketergantungan pada bayi didalam kandungan untuk itu ini sangat tidak disarankan untuk ibu hamil.

Decongestant pseudoephedrine dan phenylephrine yang terdapat di obat batuk dan flu. Efek sampingnya yaitu dapat menghambat aliran darah ke plasenta dan bisa menyebabkan anak lahir cacat. Hindari obat ini di usia kehamilan trimester pertama karena ini sangat berbahaya.

Jika bantuk anda disertai dengan demam bisa mengambil obat yang mengandung paracetamol untuk meredakan demam. Dan hindari yang mengandung ibuprofen dan aspirin karena dapat menembus plasenta dan tentu ini membahayakan janin. Hal yang perlu menjadi catatan juga yaitu perhatikan aturan pakai sebelum minum obat. Jika kondisi batuk anda tidak membaik justru semakin parah sebaiknya segera periksakan diri anda ke dokter. Kapan harus periksa ke dokter? Ketika batuk tidak membaik dalam beberapa hari, kondisi ini sangat mempengaruhi nafsu makan dan sulit tidur, jika anda mengalami demam yang tinggi 3,8 keatas, anda mulai mengalami betuk berdahak warna lendir yang parah, batuk yang disertai dengan nyeri dada/mengi ini sangat perlu tindak lanjut dokter agar memberikan antibiotic.

Hindari minum obat dalam jangka waktu lama dan tidak menggunakan resep sama sekali. Tidak hanya mengandalkan obat saja namun andapun harus istirahat yang cukup siang dan malam hari dan juga makan teratur dengan menu makanan yang sehat dan bergizi tentunya dan ini membantu tubuh anda menyediakan energi untuk melawan penyakit.

Itu dia beberapa ulasan di artikel ini yang membahas tentang obat batuk untuk ibu hamil yang aman dan obat apa saja yang tidak aman yang tidak seharusnya dikonsumsi ibu hamil. semoga artikel kami bermanfaat dan bisa dijadikan wawasan luas untuk anda yang sedang hamil.

Reply