Apa Saja Penyebab Jari Bengkak Selama Hamil?

Apa Saja Penyebab Jari Bengkak Selama Hamil

Setiap kehamilan tentu mempunyai kesan berbeda. Terutama keluhan yang dirasakan setiap ibu hamil. Selama kehamilan tentu ibu menginginkan kesehatan tumbuh kembang janin yang terbaik. Sehat secara fisik dan psikis, tentu fisik berhubungan langsung dengan tubuh ibu hamil, bagi anda calon ibu baru seringkali mengeluhkan kesehatan fisik karena belum dapat sepenuhnya adaptasi atau terbiasa berbadan dua. Pada awal kehamilan trimester pertama ibu hamil sudah mengalami perubahan hormone yang menyebabkan terjadinya perubahan pada psikis ibu hamil, psikis berhubungan dengan suasana hati, perubahan mood, rasa cemas, dll.

Ketika semakin banyak keluhan yang di tunjukkan setiap perkembangan janin sebaiknya anda cari solusi sejak dini sehingga dapat mengatasi keluhan dan tidak mempengaruhi kesehatan fisik ataupun psikis selama kehamilan. Keluhan yang seringkali dialami oleh ibu hamil adalah bagian kaki ataupun tangan yang bengkak. Pertanyaannya kenapa selama kehamilan ibu hamil mengalami pembengkakan? Apakah ini normal terjadi? Dan bagaimana solusinya?

Kali ini kami akan membahas apa penyebab jari bengkak selama hamil yaitu di sebut dengan oedem pembengkakan yang disebabkan karena sirkulasi darah yang terhambat. Meskipun merupakan keluhan kehamilan yang umum bagi ibu hamil, terutama pada trimester ketiga kehamilan. Oedem semasa kehamilan dapat pula disebabkan oleh factor lingkungan yaitu karena udara yang panas. Sebaiknya ketika anda mengalami pembengkakan kehamilan yang terjadi pada muka, kaki atau tangan konsultasikan pada dokter untuk mengetahui penyebabnya. Di khawatirkan pembengkakan yang terjadi karena preeklamsia.

Adapun tips yang dapat membantu anda mengurangi pembengkakan selama kehamilan dengan cara :

  1. Pola makan yang sehat ini dapat membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi pada bagian tubuh. Anda dapat konsumsi bawang putih dan buah apel yang di anggap efektif.
  2. Anda dapat memperbanyak konsumsi air putih demi menghindari dehidrasi.
  3. Tentu istirahat pada siang hari sangat penting diwaktu senggang sehingga membuat badan kembali rileks.
  4. Anda dapat mengambil posisi tidur miring ke kiri sehingga menghindari tekanan pada vena besar.
  5. Ternyata ini ada baiknya ketika anda berhadapan dengan computer atau menulis, maka dapat membantu melancarkan darah.
  6. Anda dapat meminta suami anda untuk memijat lembut bagian tangan dan kaki anda, ini akan membuat anda lebih merasa nyaman dan disaat inilah peran suami membantu istri disaat sedang banyaknya keluhan kehamilan.

So tetap semangat dan sehat sampai calon buah hati lahir ke dunia.

Reply