Apa Saja Perkembangan Janin 3 Bulan Yang Perlu Diketahui

Apa Saja Perkembangan Janin 3 Bulan Yang Perlu Diketahui

Pada minggu ke 9 ini jenis kelamin belum bisa diprediksikan apakah laki-laki atau perempuan. Sementara mulut dan hidung sudah terlihat. Janin sudah bisa membuka dan menutup mulutnya, dan mulai berlatih melakukan gerakan menelan dan menghisap. Tangan janin pun sudah mulai bergerak bebas. Pada perkembangan janin minggu ini perut dan rongga dada sudah terpisah dan otot mata dan bibir atas sudah terbentuk. Pembentukan kulit dan fungsinya berkembang menuju penyempurnaan.

Perkembangan janin minggu ke 10 pada minggu ke 10 jenis kelamin perempuan sudah bisa didentifikasi dengan jelas. Otot leher sudah terbentuk. Otak berkembang cepat dalam bulan terakhir ini sehingga proporsi kepala lebih besar dari pada tubuh. Selain itu janin sudah mampu mengirim dan menerima pesan dari otak. Dengan mulai berfungsinya system saraf, janin sudah mampu melakukan gerak refleks menendang. Dan pada minggu ini pembentukan telinga berakhir. Janin mampu menekuk tangannya menjadi setengah kepalan.

Perkembangan janin ke minggu ke 11 rambut, kuku jari tangan dan kakinya mulai tumbuh. Sesekali di usia ini janin sudah menguap bayi sudah bisa menelan cairan amnion dan mengeluarkannya kembali melalui kencing. Mata sudah terbentuk lengkap, jaringan tangan dan kaki tumbuh, walaupun disatukan oleh jaringan kulit. Banyak gerakan-gerakan yang janin tunjukkan termasuk gerakan menggeliat, meluruskan tubuh dan menundukkan kepada yang sudah bisa dirasakan ibu.

Perkembangan janin minggu ke 12 semua organ vital bayi sudah terbentuk. Dengan signal dari otak, otot akan merespons dan bayi sudah dapat menedang. Akhir trimester pertama organ tubuh bayi sudah terbentuk. Rasa mual dan lelah anda biasanya sudah berkurang atau hilang. Janin usia 3 bulan mengalami cegukan, yang normal terjadi. Cegukan sendiri berfungsi untuk memperkuat otot-otot pada bagian organ pernafasan. Itu dia perkembangan janin 3 bulan. Untuk lebih lengkapnya lagi jangan lupa konsultasikan kepada dokter dan jangan malu untuk menanyakan seputar kehamilan anda diusia 3 bulan ini. Semoga bermanfaat.

Reply