Apa Saja Pertumbuhan Dan Perubahan Kehamilan Di Trimester Ketiga?

Apa Saja Pertumbuhan Dan Perubahan Kehamilan Di Trimester Ketiga

Untuk anda yang sekarang sedang menjadi ibu hamil tentu tidak mudah, dan kali ini kami akan membahas terutama untuk anda yang sudah memasuki trimester akhir kehamilan. Persiapan persalinan semakin dekat. Berat badan ataupun panjang tubuh janin akan bertambah dengan cepat sehingga anda yang kini memperhatikan kondisi tubuh fisik yang semakin membesar. Pertumbuhan dan perubahan kehamilan di trimester ketiga akan kami bahas saat ini :

Untuk anda yang belum tau yang di sebut trimester ketiga itu berapa bulan saja? terdiri dari bulan ke 7, bulan ke 8, dan sampai bulan terakhir yaitu 9. Nah pada usia kehamilan di awal 7 bulan di tandai dengan perubahan ukuran, misalnya saja pada ukuran kepala bayi sudah proporsional, bahkan dahi dan alis sudah mulai bertumbuh dengan sempurna, bulu halus yang ada pada janinpun mulai bertumbuh. Banyak perkembangan dan pertumbuhan lainnya yang selalu di menunjukkan bahwa bayi siap dilahirkan. Latihan proses bernafas sudah dialami oleh bayi pada minggu-minggu ini. Bahkan syaraf otak akan terus menerus berkembang dengan pesat.

Selanjutnya perkembangan janin pada usia 8 bulan dimana awal usia ini dahi dan bulu mata janin semakin berkembang, bahkan sudah bisa mulai berkedip dan apabila janin laki-laki testikalnya mulai terbentuk dengan sempurna pada minggu awal trimester ketiga. Terakhir adalah pada usia kehamilan 8 bulan, bayi yang janin tepat waktu akan mengalami perkembangan di minggu 36 dimana kepala dibawah sehingga siap menjelang persalinan. Semakin berjalannya waktu kandungan kehamilan dari minggu ke minggu berat janin semakin bertambah bahkan semakin kuat.

Perkembangan janin di usia 9 bulan ini final yang ditunggu-tunggu ibu hamil yang sekaligus juga menegangkan, pada bulan ke 9 di awal minggu pertama 37 minggu kali ini bayi mulai mengeluarkan salah satu hormone yaitu cortisone yang dapat membantu untuk mematangkan fungsi pernafasan bayi. Bahkan periode ini sudah siap karena tubuh matang dan bisa bekerja sendiri. Kulit janin sudah mulai tampak berwarna merah jambu dan system saraf sudah semakin berkembang. Nah di pertengahan inilah yang menyebabkan sudah menyimpan lemak yang cukup di dalam tubuhnya dan bertahan stabil sampai dilahirkan. Antibody yang dimiliki oleh bayi akan membantu dalam menjaga kesehatan di awal kelahirannya. Apapun yang terjadi yang terpenting selalu konsultasikan dengan dokter anda untuk mengetahui kondisi janin dan sehingga terhindar dari resiko yang membahayakan.

Apa sajakah perubahan tubuh ibu hamil yang berhubungan dengan trimester ketiga kehamilan, terutama ibu hamil memasuki kehamilan di minggu ke 29-40 :

  • Sakit punggung ini akan dialami semua ibu hamil ketika usia kandungan sudah siap dilahirkan, ini dikarenakan beban berat yang di bawa oleh ibu hamil dalam kandungan semakin membesar. Hal yang harus dihindari jangan gunakan sepatu hak tinggi, dan hindari juga mengangkat berat badan yang berat.
  • Sesak nafas ini dikategorikan dalam kondisi yang normal, anda hanya membutuhkan waktu untuk beristirahat, namun jika kondisi tidak berangsur membaik segera tanyakan dan konsultasikan ke dokter kandungan. Dan juga sesak nafas ini dapat dibantu dengan olahraga yang rutin sesuai dengan kondisi fisik ibu hamil, bisa mengikuti senam / yoga khusus yang disarankan.
  • Kontraksi dan masalah tidur pada usia 9 bulan ini tentu anda akan mendapatkan kontraksi palsu rasa sakit ringan, hilang pada saat istirahat dan mengalami kondisi yang tidak teratur. Dan untuk masalah tidur tentu ini berhubungan dengan perut yang semakin membesar dan semakin aktif janin didalam kandungan. Solusinya ibu bisa gunakan aroma terapi atau music klasik yang akan membantu anda untuk tidur nyenyang ketika malam hari. Tetap sehat dan semangat tinggal menghitung beberapa hari lagi.

Reply