Apa Saja Tanda-Tanda Mau Melahirkan

Apa Saja Tanda-Tanda Mau Melahirkan

Selamat untuk bunda yang sudah memasuki atau sudah usia kehamilan di akhir. Pasti semua bunda yang merasakan ingin melahirkan yang selama ini ditunggu-tunggu tidak sabar, semuanya campur aduk bahagia namun deg-degan juga. namun apapun yang terjadi anda tetap harus percaya diri dan berserah kepada Tuhan dan kuatkan diri untuk proses melahirkan yang ditunggu-tunggu. Namun sebelum proses persalinan dilakukan pastinya akan ada tanda-tana mau melahirkan yang dialami ibu hamil usia akhir kehamilannya ini. Nah kira-kira tandanya seperit apa saja dan ini perlu sekali diketahui karena harus mempersiapkan tenaga, mental dan fikiran dimana harus siap untuk menghadapi proses melahirkan.

Dikehamilan yang normal proses persalinan atau melahirkan akan terjadi pada usia kandungan ke 39-41. Namun lamanya setiap kehamilan berbeda-beda, untuk itu ada beberapa bayi yang dilahirkan sebelum usia kandungan 39-41 minggu atau memang pas waktunya dilahirkan. Biasanya tanda-tanda melahirkan akan diawali dengan gejala sebagai berikut :

  1. Terasa nyeri di selangkangan

Ini disebabkan karena ada tekanan sebagai akibat posisi kepala janin sudah turun ke bawah, yaitu di daerah rangka tulang pelvis. Maka janin akan menekan kandungan kemih, untuk itu ibu hamil menjadi sering buang air kecil/sering pipis. Anda akan mulai merasakan yang namanya sakit pada perut, mulas, dan sering buang air besar atau buang angin.

  1. Sakit punggung dan tulang belakang

Ini juga akan dialami ibu yang akan melahirkan karena disebabkan oleh pergeseran dan pergerakan janin yang mulai menekan tulang belakang.

  1. Keluarnya lendir/cairan kental yang bercampur darah layaknya haid

Disaat persalinan akan dimulai cervix akan membuka, gumpalan mucus jadi terhalau. Pada saat bersamaan, membrane yang mengelilingi bayi anda dan cairan amniotic agak memisah dari dinding rahim. Dan ini akan dikeluarkan dengan bentuk cairan lengket berwarna merah muda dan ini adalah tanda bahwa anda akan menjalani proses persalinan.

  1. Kontraksi

Kontraksi yang akan muncul yaitu sakit pada punggung bawah dan akan bergeser ke bagian bawah perut. Menggambarkan seperti mulas saat haid. Rasa mulaspun semakin bergeser dan anda akan merasakan perut seperti mengeras. Mirip seperti kontraksi palsu namun terasa teratur, dan semakin seiring dengan kemajuan proses persalinan. Selama proses melahirkan, otot-otot akan semakin menebal dan memendek seiring dengan setiap kontraksi, saat itu juga otot berangsur berhenti menipis, atau menghapus cervix. Namun tidak berhenti disitu karena akan berlanjut hingga pembukaan cervix menjadi penuh, ukurannya lebar sekitar 8-10cm. tahap pertama 1-4cm berlangsung paling lama. Kontraksi perlahan dan muncul setiap 15-20 menit dan semakin kuat hingga 5menit dan ini mulai membuat anda merasakan tidak nyaman. Bila air ketuban sudah pecah segera datangi rumah sakit. Kontraksi akan semakin cepat dan waktu untuk menarik nafas sudah semakin singkat, ibu akan diberikan arahan dengan suster ini adalah hal terberat yang dirasakan semua ibu. Namun tetap syukuri berdoa dan berikan yang terbaik agar buah hati anda bisa bertemu dengan kedua orang tuanya.

  1. Pecahnya ketuban

Karena desakan kontraksi dan adanya tekanan dari kepala bayi di mulut cervix ini yang menyebabkan pecahnya air ketuban. Beberapa peristiwa pecahnya air ketuban ini sangat tidak bisa dirasakan oleh ibu hamil tidak taunya keluar dengan sendirinya. Seiring dengan pecahnya air ketuban membrane, proses melahirkan akan berlangsung cepat. Kepala bayi akan berusaha keras menekan cervix untuk membukanya dan merangsang pelepasalan prostaglaning untuk memacu kontrasksi.

  1. Diare dan muntah-muntah

Hormon yang diproduksi oleh tubuh anda untuk memudahkan kelahiran bayi anda akan merangsang usus anda untuk bergerak lebih sering dan dapat mengakibatkan gerakan yang lebih sering. Dan ini mengakibatkan anda diare namun ini alami dirasakan karena dorongan untuk buang air besar akan dialami ibu hamil yang akan melahirkan. Untuk itu cara terbaik jangan sampai ibu mengalami dehidrasi tetap menjaga agar tubuh tidak dehidrasi dengan minum banyak air putih.

  1. Akan merasakan lelah dan sering tidur siang

Di usia kehamilan yang semakin bertambah dan semakin membesar system pencernaan yang semakin berantakan dapat membuat anda sulit tidur nyenyak dimalam hari, sehingga anda akan lebih memilih menutup mata sekitar 1-2jam ketika siang hari. Tapi sebenarnya ini menyimpan cadangan untuk saatnya anda melahirkan. Dan rasanya anda mau beraktivitas seperti membersihkan rumah anda. Ini tidak masalah tapi masih dalam porsi yang normal dan tidak berlebihan ya melakukannya.

Itu dia beberapa tanda-tanda mau melahirkan yang perlu anda ketahui agar semakin anda mempersiapkan segala sesuatunya dan semakin menjadikan semangat untuk anda ingin bertemu dengan buah hati. Semangat dan semoga artikel ini bermanfaat.

Reply