Apa saja ya Tips Persiapan Menyusui Sebelum Melahirkan

Apa saja ya Tips Persiapan Menyusui Sebelum Melahirkan

Saat kehamilan, pasti ada banyak hal yang mulai dipersiapkan. Mulai dari kamar tidur, peralatan dan perlengkapan bayi, pemberian nama, rumah sakit atau klinik untuk bersalin, makanan dan pakaian yang sudah mulai diatur serta yang paling penting adalah ASI. Kenapa ASI menjadi begitu penting? Karena ASI memiliki banyak kandungan terbaik serta baik untuk menstimulasi tubuh mereka di awal-awal hari mereka setelah melahirkan, serta menjadi system imun yang baik pula untuk bayi tersebut.

Banyak ibu hamil yang mulai mempersiapkan ASI eksklusif sedini mungkin agar bayi yang baru lahir dapat asupan yang baik tanpa meminum susu formula karena bagaimanapun ASI lah yang paling baik dari semua susu. Saat kehamilan pun, sebenarnya tubuh kita sudah memproduksi ASI sehingga sangat penting agar makanan yang kita asup di jaga serta menjalankan pola hidup yang sehat pula. Dalam produksi ASI, aspek psikis kita juga berpengaruh. Maka dari itu, kami akan memberikan Tips Persiapan Menyusui Sebelum Melahirkan, yuk kita pelajari seksama.

  • Pertama-tama sekali yang perlu dipersiapkan adalah psikologis diri anda sendiri. Jauhkan fikiran stress yang akan menghambat produk ASI anda dan mulai lah berfikiran positif. Anda bisa mengikuti kelas yoga untuk merefleksikan diri serta anda bisa mendapatkan dukungan dan motivasi dari orang-orang tercinta di sekeliling kalian.
  • Lalu yang kedua adalah persiapan nutrisi yang anda konsumsi juga harus anda persiapkan sedini mungkin. Hindari lah makanan junk food yang akan menurunkan kualitas ASI anda.
  • Perbanyaklah makanan sayuran serta buah-buahan yang sudah diolah dengan baik. Anda pun bisa berkonsultasi dengan dokter anda terkait dengan pemenuhan nutrisi selama persiapan anda menyusui.
  • Selanjutnya adalah persiapan produksi colostrum, dimana colostrum ini adalah susu pertama bayi yang diproduksi ibu hamil. Jumlah produksi colostrum pun berbeda-beda. Produksi colostrum ini tentu akan mengakibatkan perubahan pada ukuran dada maka dari itu tidak disarankan bagi kalian yang ketat ataupun sempit agar tidak mengganggu produksi ASI.
  • Anda pun bisa melakukan terapi pijat yang bisa dilakukan selama dua kali dalam sehari untuk membantu kelenjar ASI menjadi optimal serta menghindari rasa sakit pada area putting saat anda menyusui pertama kalinya. Jika kalian merasa itu semua belum membantu anda, maka anda pun bisa berkonsultasi dengan konseler menyusui dimana anda akan diberikan informasi mengenai anatomi payudara, keuntungan serta manfaat ASI, serta mereka akan memberitahu anda mengenai posisi menyusui yang benar sehingga anda tidak gugup dan ragu saat menyusui bayi untuk pertama kalinya.

Tidak lupa juga untuk memilih pakaian hamil yang fleksibel. Gunakan pakaian yang halus dan menyerap keringat, bila perlu pilihlah pakaian berkancing agar memudahkan anda untuk menyusui. Nah itu dia beberapa Tips Persiapan Menyusui Sebelum Melahirkan yang dapat kami sampaikan. Berikanlah ASI eksklusif mu untuk tumbuh kembang bayi yang terbaik.

Reply