Apa Saja Yang Dirasakan Keluhan-Keluhan Ibu Hamil 4 Bulan?

Apa Saja Yang Dirasakan Keluhan-Keluhan Ibu Hamil 4 Bulan

Rasanya bahagia pasti ketika anda dan suami mengetahui pertama kali bahwa anda positif hamil. Tentunya ketika masa kehamilan berlangsung berbagai macam di rasakan mulai dari berbagai keluhan dan lainnya dan anda harus beradaptasi dengan situasi kehamilan sampai 9 bulan lamanya. Kali ini kami akan membahas buat anda yang usia kehamilannya sudah memasuki usia 4 bulan, dan di usia ini merupakan tahapan kedua kehamilan atau trimester kedua. Banyak ibu hamil yang sudah terbiasa menyikapi kondisi kehamilan di usia kehamilan ini. Tentu ketika kondisi fisik dan psikis menggangu aktivitas anda rasanya jangan dibiarkan minimal harus ada solusi untuk mengatasinya.

Namun anda sudah bernafas sedikit lega karena kondisi kehamilan diusia 4 bulan memang tidak seburuk kondisi di awal kehamilan dimana perubahan yang seringkali terjadi di pengaruhi oleh hormonal. Nah pada kondisi ini ibu hamil harus mengetahui perubahan yang terjadi secara normal atau kondisi abnormal. Perubahan pada ibu hamil berbeda-beda setiap bulannya. Sehingga diperlukan pemantauan kesehatan baik oleh perubahan yang terjadi selama kehamilan akan memicu keluhan selama kehamilan. Dan kali ini kami akan membahasnya apa saja keluhan-keluhan ibu hamil 4 bulan, simak berikut ini :

Pertumbuhan janin di usia 4 bulan

Perkembangan yang terjadi pada janin 4 bulan, di tandai dengan kelenjar keringat mulai berkembang pada seluruh tubuh janin, bahkan tali pusarnya menjadi saluran sumber makanan yang semakin berkembang dan menguat. Pada usia ini ditandai ditandai tubuh yang semakin membesar diikuti dengan perubahan kepala yang menjadi proporsional. Perubahan wajah yang semakin Nampak jelas dan ditandi dengan pertumbuhan bulu mata dan juga alis yang semakin bertumbuh dan juga bagian kelopak mata yang menutup namun bola matanya sudah dapat bergerak, bahkan bagian mulut janinpun sudah dapat terbuka dan tertutup.

Pada usia 4 bulan ini bayi sudah dapat merespon bunyi di luar lingkungannya. Kondisi ini sering kali digunakan sebagai terapi music untuk membantu perkembangan janin. Dan yang lebih membuat hati calon orang tua senang adalah pembuluh darah sudah mulai terlihat dipermukaan kulit bayi dan juga jenis kelamin sudah mulai dapat dikenali. Gerakan kecil-kecil sudah bisa dirasakan. Pada usia kehamilan ini bayi di lindungi lapisan lemak bernama vernix caseos, lapisan yang dapat melindungi bayi dari cairan ketuban dan kondisi ini yang menyebabkan bayi banyak menelan.

Perubahan yang terjadi pada ibu hamil 4 bulan

Ibu hamil mengalami linea yaitu garis gelap yang memanjang pada bagian perut, garis ini memanjang pada bagian perut. Garis ini memanjang dari bagian perut ke sekitar alat kewanitaan hingga pusar yang di sebabkan karena terjadinya peregangan kulit.

Daerah leher ibu hamil yang terlihat berwarna hitam meskipun demikian kondisi ini bukan merupakan pertanda gangguan kesehatan yang membahayakan kesehatan ibu dan janin. Perubahan warna kulit ini lazim atau wajar terjadi pada ibu. Hal ini terjadi karena adanya perubahan pigmen selama kehamilan. Tanda lainnya menemukan garis hitam pada bagian muka. Hal ini terjadi karen aadanya perubahan pigmen selama masa kehamilan. Ibu hamil juga mengalami perubahan kulit tubuh dan bagian payudara yang semakin digelap dikarenakan bagian kulit uterus memerlukan 25% lebih banyak darah dibandingkan kondisi normal.

Bagian kapasitas paru-paru akan berkurang yang menyebabkan ibu hamil di usia kehamilan ini akan lebih mudah lelah bahkan hingga mengalami kesulitan bernafas. Walaupun tentunya semakin banyak keluhan yang di alami tetap bersyukur karena disini ibu merasakan kondisi dimana mengenali gerakan bayi sehinga ibu dapat mengetahui respon janin didalam tubuh. Tentunya ketika mengetahui perkembangan bayi semakin maju, lakukan cara-cara sederhana seperti mendengarkan music dan mengajaknya bermain dengan berbagai cara yang bisa anda dapatkan.

Solusi untuk ibu hamil di usia 4 bulan

Tentunya berbagai keluhan yang sering dirasakan rasanya kurang membuat ibu hamil kurang nyaman untuk itu simak berikut ini :

  • Pertama ini berhubungan dengan mual muntah pada ibu hamil dapat diatasi dengan bantuan suami. Taukah anda bahwa elusan/belaian bagian kepala, punggung, pundak dan pijatan tangan yang rileks dari suami akan membuat anda tenang, sehingga mengurangi rasa mual.
  • Kedua sakit kepala yang di rasakan ibu hamil, untuk persoalan ini di sarankan untuk mengkonsumsi air putih dan perbanyak minum air. Dan selalu di posisikan dengan ruangan yang tenang, udara yang cukup segar sehingga dapat mengurangi keluhan kehamilan di usia 4 bulan.
  • Ketiga rasa lelah yang dirasakan anda dapat mengikuti kelas yoga dan olahraga khusus ibu hamil agar dapat menjaga kesehatan selama kehamilan.
  • Eempat ibu hamil lebih cenderung mengeluarkan keringat lebih banyak atau sering kegerahan ini wajar namun sangat menggangu untuk itu disarankan untuk memakai baju di setiap situasi dengan bahan yang menyerap keringat sehingga ibu tetap merasa nyaman kapanpun.
  • Lima tentu ibu hamil merasakan yang namanya mengidam tentu ini dirasakan bagi ibu hamil, anda tau bahwa mengidam dapat pula menjadi salah satu pertanda bahwa tubuh anda membutuhkan gizi/nutrisi. Misalkan saja ibu mengidam buah mangga bisa saja tubuh sedang membutuhkan asam folat dan akhirnya kebawa hingga ibu menginginkan buah tersebut.
  • Yang terakhir sakit pada bagian kanan atau kiri perut dirasa normal apabila hanya terjadi beberapa kali, hanya saja apabila anda mengalami rasa nyeri pada bagian kiri dan kanan perut di sertai dengan pendarahan harus segera dikonsultasikan ke dokter, agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Tentunya demi menjaga tumbuh kembang janin. Semangat dan sabar menanti calon buah hati lahir ke dunia ya.

Reply