Apa Saja Yang Harus Diketahui Oleh Wanita Pada Fase Menstruasi

Apa Saja Yang Harus Diketahui Oleh Wanita Pada Fase Menstruasi

Setiap wanita tentunya mengalami yang namanya siklus bulanan yang dipengaruhi oleh hormone reproduksi yaitu estrogen dan progesterone. Dengan arti lain atau menstruasi yaitu peluruhan dinding rahim / endometrium. Hal ini terjadi karena sel telur yang sudah matang tidak dibuahi oleh sel sperma sehingga mati dan dikeluarkan dalam bentuk darah / haid. Setiap masa fase menstruasi dipengaruhi oleh hormone-hormon reproduksi wanita. Pada umumnya fase menstruasi terbagi menjadi 4 tahapan. Nah masing-masing fase di pengaruhi dan sangat berkaitan dengan system koordinasi hormone reproduksi.

Simak berikut ini kami akan jelaskan fase menstruasi yang harus para wanita ketahui :

  1. Fase Follikuler (pra ovulasi)

Hormone yang paling penting pada fase ini yaitu gonadotrophin releasing hormone (GnRH). Hormone ini disekresikan oleh hipotalamus. Fase pra ovulasi ini terjadi 5-15. Pada hormone (GnRH) menstimulus hipofisis anterior untuk mensekresikan (FSH) tujuannya untuk merangsang pertumbuhan folikel pada ovarium. Pada tahapan ini folikel akan bertumbuh menjadi sel telur. Lalu folikel akan mensekresi hormone estrogen.

  1. Fase Ovulasi

Peningkatan kadar hormone estrogene sesuai fase sebelumnya yaitu pra ovulasi yang mengakibatkan kadar hormone FSH sehingga mengakibatkan hipotalamus mensekresikan gonadotrophin releasing hormone (GnRH) untuk menstimulus hipofisis anterior sehingga mensekresi Luteinizing hormone (LH). Fungsinya yaitu untuk mendorong dan mematangkan folikel sehingga sel telur dilepaskan. Fase ini terjadi pada hari ke-15.

  1. Fase Pasca Ovulasi

Pada fase ini dimana folikel melepaskan telur dan akan mengalami perubahan menjadi korpus luteum yang berfungsi untuk mensekresi hormone progesterone. Fungsinya yaitu untuk menjaga endometrium. Dan pada fase ini terjadi pada hari ke 15-28.

  1. Fase Menstruasi

Dan yang terakhir yaitu fase menstruasi dimana terjadi pada hari ke 29. Fase menstruasi terjadi jika ovum (sel telur) dilepaskan oleh folikel yang tidak terbuahi sel spermatozoid. Pada fase ini korpus luteum akan meluruh menjadi korpus albikans yang mensekresi hormone estrogen. Akibat dari sekresi estrogen tersebut akan mengakibatkan terjadinya penurunan hormone progesterone. Dengan demikian dinding endometrium akan meluruh bersama dengan ovum (sel telur) dan terjadilah menstruasi. masa menstruasi biasanya berlangsung selama 8 hari.

Itu dia fase menstruasi pada wanita secara umum. Dan perlu juga anda ketahui bahwa siklus menstruasi pada wanita berbeda-beda. Tidak terlepas ini karena kondisi yang dipangaruhi dengan hormone reproduksi, gaya hidup, stress dan factor lainnya. Selama proses menstruasi di sarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin, mineral dan juga zat besi. Agar terhindar dari penyakit anemia. Semoga artikel ini bermanfaat dan buat para wanita mengetahui apa saja fasenya.

Reply