Apa Sih Pengertian Bilirubin?

Apa Sih Pengertian Bilirubin

Untuk anda yang belum tau apa itu pengertian bilirubin yaitu pigmen kekuningan yang dilepaskan ketika sel-sel darah merah dipecah. Biasanya bilirubin diproses dan dikeluarkan oleh hati. Tingkat kelebihan bilirubin dalam darah dapat mengindikasikan kerusakan hati dan menyebabkan sakit kuning bisa terjadi menguningnya kulit dan putih mata, tinja berwarna pucat dan urin gelap. Tingkat bilirubin normal adalah dibawah 1,3mg. pengertian lainnya yaitu merupakan hasil dari reaksi katabolise enzimatik biliverdin oleh biliverdin. Karena dapat mengikat senyawa oksidatif, ini termasuk digolongkan kedalam kelompok senyawa antioksidan.

Adapun manfaatnya dapat mencegah dan menghentikan penyakit autoimun seperti sklerosis multiple. Dan berdasarkan jenis dan sifatnya bilirubin dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :

  1. Bilirubin indirek/bilirubin tak terkonjugasi

Bilirubin indirek disebut juga bilirubin tak terkonjugasi. Karena bilirubin ini masih melekat pada albumin dan tidak berada dalam kondisi bebas. Bilirubin ini tidak larut dalam air, karena itu tidak akan ditemukan didalam urin. Peningkatan kadar bilirubin indirek sering dikaitkan dengan peningkatan destruksi eritrosit (hemolisis) seperti pada penyakit hemolitik oleh autoimun, transfuse, atau eritroblastosis fatalis.

  1. Bilirubin direk/bilirubin terkonjugasi

Ini bilirubin bebas yang terdapat dalam hati dan tidak akan lagi berkaitan dengan albumin. Bilirubin ini akan dengan mudah berkaitan dengan asam glukoronat membentuk bilirubin glukorosida atau hepatobilirubin. Dalam keadaan normal bilirubin direk ini tidak ditemukan dalam plasma darah. Peningkatan kadar bilirubin direk menunjukkan adanya gangguan pada hati atau saluran empedu.

Untuk lebih lengkapnya bisa silahkan melakukan pengecekan ke dokter dan jangan menganggap hal ini spele ya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Reply