Apa Sih Penyebab Ibu Hamil Lebih Mudah Marah? Mari Cari Tahu

Apa Sih Penyebab Ibu Hamil Lebih Mudah Marah Mari Cari Tahu

Ketika anda sudah dinyatakan positif hamil tentu anda sebagai calon ibu merasa bangga terutama bagi anda dan pasangan yang baru saja menikah. Selama perjalanan anda mengandung tentunya ada kelebihan dan juga ada kekurangan yang menjadikan anda lebih kuat. Berjuang selama 9 bulan bukanlah suatu hal yang mudah. Salah satunya keluhan yang membuat ibu tidak nyaman yaitu perubahan emosi yang seringkali dialami ibu hamil. Ibu seringkali merasakan kesepian, sedih bahkan cenderung sering marah. Dan kali ini akan kami bahas apa saja penyebab ibu hamil mudah marah.

Ibu hamil mudah marah dapat disebabkan dua faktor, baik karena perubahan hormon ataupun karena perubahan fisik yang memerlukan adaptasi. Fluktuasi mood pada ibu hamil seperti perilaku menjelang menstruasi. Biasanya diawali oleh ibu hamil pada trimester pertama sehingga ibu hamil membutuhkan waktu untuk adaptasi. Faktor selanjutnya adalah ibu hamil yang membutuhkan dukungan.

Ibu hamil yang seringkali marah-marah dapat dikarenakan di dalam dirinya belum bisa menerima perubahan tubuh. Memasuki trimester ketiga ibu semakin lelah dengan kandungan yang semakin besar, ditambah dengan napas yang pendek, rasa gerah dan sering berkeringat kemudian beberapa keluhan lainnya seperti wajah bengkak, sakit punggung ataupun kaki yang sering pegal. Ini menjadi penyebab ibu mudah marah.

Dengan adanya 2 faktor tersebut secara hormone memang tidak bisa di cegah. Namun pada trimester terakhir atau ketiga anda bisa kurangi mood anda. Simak berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengurangi anda ibu hamil yang mudah marah :

  1. Mulailah terbuka pada suami

Memiliki orang terdekat untuk dapat mengeluhkan perasaan anda adalah salah satu cara mengurangi fluktuasi mood selama kehamilan. Anda dapat membicarakan kekhawatiran anda sehingga dapat mengatasinya. Anda dapat membangun komunikasi dan bonding dengan suami anda. Anda dapat meminta agar suami anda untuk bersabar menghadapi perubahan emosi yang anda alami selama kehamilan.

  1. Anda mulai belajar relaksasi

Anda dapat menenangkan diri dengan mengikuti kegiatan yang membuat rilek. Salah satunya dengan mengikuti yoga khusus ibu hamil. Selain yoga khusus ibu hamil cobalah dengan menggunakan terapi musik untuk mengurangi rasa kesel yang suka muncul dan mendorong mood lebih baik.

  1. Kegiatan yang menyenangkan

Perubahan berat badan yang semakin hari semakin membuat anda tidak percaya diri akan membuat anda khawatir dan cemas ketika harus menghabiskan waktu di luar rumah. Anda dapat membisikan di dalam hati bahwa semua itu akan segera terobati ketika buah hati terlahir. Bahkan membuat masa kehamilan menyenangkan jauh lebih penting untuk membuat anda mendorong mood yang positif selama kehamilan.

  1. Kurangi stress

Sering kesal dan marah-marah ini bisa menjadi anda terbebani dan stress selama kehamilan. Anda dapat mengurangi tekanan dengan meluangkan waktu untuk sekedar bersantai dan menikmati hoby anda. Anda dapat membuat sebuah catatan yang dapat anda lakukan selama kehamilan sehingga bebas dari stress.

Dari uraian diatas sudah kita ketahui bahwa mudah marah pada ibu hamil dapat disebabkan karena faktor hormon dan faktor kesiapan ibu hamil dalam menghadapi perubahan fisik yang terjadi. Untuk dapat mengurangi fluktuasi mood anda dapat mengikuti tips di atas dan jangan lupa untuk tetap menjaga waktu istirahat anda. Usahakan untuk mendapatkan tidur malam yang berkualitas dan selalu berfikir positif bahwa segala hal akan baik-baik saja, semangat dan tetap sehat.

Reply