Apa Yang Dimaksud Dengan Beta Karoten?

Apa Yang Dimaksud Dengan Beta Karoten

Bagi sebagian orang ada yang memang sudah mengetahui apa itu beta karoten ada juga yang belum tau untuk apa itu beta karoten? Untuk itu kali ini kami akan mengulasnya bersama. Untuk anda yang memang suka dan sering mengkonsumsi sayur dan buah, sudah pasti anda tidak akan yang namanya kekurangan beta karoten. Beta karoten adalah zat yang terdapat didalam berbagai bahan makanan terutama sayur dan buah. Zat ini akan diubah dengan sendirinya menjadi vitamin A didalam tubuh anda.

Untuk itu banyak orang lebih sering mendengar dan menyebutkan vitamin A yang artinya beta karoten. Manfaat dari beta karoten sendiri sangat baik untuk kesehatan. Adapun beberapa penelitian mengungkapkan dan membuktikan bahwa vitamin A atau beta karoten mampu dan bisa mengatasi berbagai hal seperti berikut ini :

  1. Diare
  2. Penyakit jangka panjang
  3. Penyakit liver
  4. Penyakit pancreas
  5. Gangguan malabsorpsi
  6. Penyakit kanker : kanker payudara, kanker lambung, kanker ovarian, kanker prostat, kanker kolorektal
  7. Asma
  8. Kulit terbakar matahari
  9. Tekanan darah tinggi/hipertensi
  10. Dysplasia serviks

Fungsi lain dari suplemen ini yaitu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi wanita saat hamil, sehingga menurunkan resiko komplikasi kehamilan serta diare dan demam setelah melahirkan. Untuk dosisnya sendiri ini harus dengan resep dokter, jangan lupakan untuk anda konsultasikan dahulu ke dokter anda sebelum meminum ini. Dosis beta karoten disesuaikan dengan kondisi dan tujuan dari suplemen tersebut dan juga harus sesuai dengan kebutuhan anda.

Efek sampingnya dari beta karoten ini akan mengalami perubahan kulit menjadi warna kuning dan jingga, ada beberapa yang bisa menyebabkan mengkonsumsi beta karoten ini :

  1. Sendawa
  2. Susah buang air besar
  3. Diare
  4. Pusing dan sakit kepala
  5. Resiko jantung koroner
  6. Resiko kanker ginjal, paru-paru, prostat, perut
  7. Nyeri sendi
  8. Gangguan paru-paru
  9. Nyeri otot
  10. Gangguan perut dan usus
  11. Gangguan penglihatan
  12. Kolesterol meningkat

Jika anda mengkonsumsi dengan dosis tinggi mungkin membawa lebih banyak bahaya dibandingkan dengan manfaatnya. Jika anda mengkonsumsi dengan dosis yang tinggi dapat meningkatkan resiko kematian dari berbagai penyebab, meningkatkan resiko kanker tertentu dan efek samping yang serius lainnya. Namun tidak perlu terlalu cemas untuk mengetahui dosis yang tepat bagi anda, sebaiknya konsultasikan kepada dokter. Jika anda mengkonsumsi alcohol, olestra, sequestran asam limpa, minyak mineral, neomycin/po, orlistrat, waspadalah sebab zat tersebut dapat mengurangi kandungan beta karoten. Simpan suplemen ini pada tempat yang kering dan terhindar dari sinar matahari langsung. Beta karoten ini cenderung aman untuk dikonsumsi namun jika dengan dosis besar tidak disarankan untuk penggunaan selama kehamilan dan masa menyusui.

Sumplemen herbal ini dapat bekerja terhadap pengobatan dan kondisi medis terkini. Jangan sekali-kali merubah ataupun menambahkan dosis suatu obat yang sedang anda gunakan tanpa sepengetahuan dokter. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda mengetahui beta karoten yang memang pada dasarnya baik namun tergantung dengan si penggunanya.

Reply