Apakah Aman Di Garuk Ketika Perut Gatal Saat Hamil?

Apakah Aman Di Garuk Ketika Perut Gatal Saat Hamil

Tentu ini menjadi sebuah pertanyaan untuk semua ibu hamil, dan mungkin anda salah satu yang sekarang sedang mengalami hal ini dimana perut gatal saat hamil dan keadaan ini merupakan salah satu keluhan yang kerap kali dialami oleh ibu hamil. Walaupun keadaan ini tidak membahayakan kesehatan ibu dan juga janin yang ada didalam kandungan, namun perut gatal saat hamil justru bisa membuat ibu merasa tidak nyaman, dan banyak yang bertanya apakah aman untuk digaruk ketika gatal itu tiba menggangu.

Rasa gatal yang dialami ibu hamil itu tidak berbahaya dan wajar dialami oleh ibu hamil dan ibu hamil tidak perlu melakukan perawatan khusus ketika anda ibu yang baru saja merasakan kehamilan pertama tentu belum banyak pengetahuan yang banyak. Mari cari tau apa penyebab utama dari perut gatal saat hamil muda atau bahkan hamil tua yaitu karena adanya perubahan dari hormone yang memang terjadi di dalam tubuh, serta adanya peregangan kulit terutama dibagian atas perut.

Ada sekitar 2/3 ibu hamil yang memang terkadang mendapatkan tangan serta kakinya yang merah-merah disertai dengan rasa gatal yang memang diyakini akibat dari peningkatan estrogen. Namun rasa gatal yang muncul akan hilang dengan sendirinya setelah ibu melahirkan. Kami akan memberikan informasi beberapa hal yang bisa dilakukan guna mengurangi rasa gatal diperut saat hamil.

Biasanya cuaca panas membuat rasa gatal semakin jadi dan semakin memburuk. Untuk itu jika berada dilingkungan yang hangat atau bahkan panas. Maka sebaiknya anda menggunakan pakaian yang longgar dan berbahan yang memang menyerap keringat. Tidak dianjurkan bagi ibu hamil yang mengalami gatal mandi dengan air hangat, karena air hangat, karena air hangat akan menambah  rasa gatal anda.

Nah ini dia yang perlu semua bunda ketahui ketika gatal saat hamil jangan pernah menggaruk bagian yang gatal dengan menggunakan kuku, karena hal ini bisa memicu munculnya luka serta iritasi. Jika muncul gatal pada perut ibu cukup mengusapnya saja dengan lembut.

Jika ada hal yang sekiranya iritasi dan harus butuh penanganan dokter sebaiknya konsultasikan kedokter yang lebih berpengalaman. Contohnya yaitu PUPP yang akan dimulai pada usia kehamilan trimester ketiga serta lebih umum dialami oleh perempuan yang mengandung bayi kembar atau bahkan mengandung bayi pertama. Awalnya akan dirasakan gatal pada perut atau bahkan sekitar stretch mark dan perlahan bisa menyebar ke bagian paha, bokong serta lengan. Jangan khawatir karena ini tidak membahayakan kesehatan ibu dan janin namun rasa gatal itu membuat bunda merasa tidak nyaman. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Reply