Apakah Itu Pentabio?

Apakah Itu Pentabio

Untuk sebagian ibu pernah yang namanya mendengar pentabio namun ada juga beberapa ibu yang belum mengetahui sama sekali apa itu pentabio? Artikel kali ini akan membahas tentang pentabio yang adalah imunisasi dan jenisnya ada 5 vaksin. Kandungan dan manfaatnya yaitu untuk pencegahan penyakit pertusis, difteri, tetanus, hepatitis B, dan haemophilus influenza tipe B. seiringnya waktu berjalan banyak sekali diluar sana pro dan kontra tentang vaksin ini namun nyatanya vaksin pentabio ini tidak berbahaya dan aman digunakan untuk anak, dan memiliki efek samping yang ringan. Rata-rata keluhannya setelah disuntik yaitu demam dan pembengkakan pada bagian paha yang telah disuntik.

Namun ada beberapa anak yang tidak sama sekali mengalami keluhan. Jika anak anda sudah melakukan imunisasi ini tidak perlu lagi imunisasi hepatitis B, cukup memberikannya imunisasi pentabio saja. jangan lupa juga untuk ibu lebih memperhatikan apa saja yang harus dibawa buku kesehatan agar bidan/dokter memberikan catatan jadwal anak anda harus melakukan imunisasi yang ditentukan.

Pemberian vaksin dilakukan pada bagian otot lengan dan paha. Sangat dilarang jika mengikuti atau melakukan suntik vaksin ini secara bersamaan dengan vaksin lainnya. Ada yang memberikan pendapatnya bahwa vaksin ini tidak boleh diberikan pada anak usia dibawah 6 bulan. Namun program ini sudah memberikan persetujuan karena untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus. Adapula efek samping lainnya yang akan kami jelaskan berikut ini :

  1. Mengalami pembengkakan pada area suntikan ini merupakan efek samping yang ringan, dan tidak membahayakan. Anda bisa lakukan penanganan dari bengkaknya dengan cara mengkompres dengan air hangat memakai handuk, dan lama kelamaan bengkakpun akan hilang dengan sendirinya.
  2. Demam tidak perlu dikhawatirkan ini memang efek samping biasa yang dialami setelah imunisasi. Penanganannya dengan mengkonsumsi obat demam. Jika belum juga turun demamnya ibu bisa kompres atau sebaiknya dibawakan kedokter jika tidak lekas sembuh agar mendapatkan penanganan yang lebih jelas.
  3. Bayi akan rewel karena tubuh lelah. Pada saat bayi melakukan imunisasi pentabio bayi akan rewel dan itu sudah sewajarnya dialami karena bayi merasakan ada yang kurang nyaman dengan tubuhnya terutama dari bekas suntikannya.

Itu dia beberapa ulasan artikel dari kami, dan sebaiknya saran dari kami sebelum akan memberikan imunisasai pentabio coba konsultasikan dulu ke dokter atau bidan jika memang anak anda mempunyai riwayat penyakit yang alergi terhadap vaksin. Dan dokter atau bidan akan memeriksakan apakah imunisasi ini dapat dilakukan pada anak bunda atau tidak. Semoga bermanfaat dan semakin peduli terhadap tumbuh kembang anak yang dapat mempengaruhi segala aspek ya bunda.

Reply