Apakah Kuret Berdampak Pada Kesuburan?

Apakah Kuret Berdampak Pada Kesuburan

Tentunya semua calon orang tua yang menanti hadirnya buah hati lahir kedunia, tidak pernah mau mengalami hal yang namanya kuret. Kuret seringkali dialami oleh ibu hamil yang mengalami keguguran namun perlu anda tahu bahwa kuret sangat berdampak pada kesehatan. Salah satunya berdampak yang harus dapat di jaga pasca kuret adalah kesuburan ibu hamil tersebut. Dalam pengertian dokter kuret yang dimaksud adalah tindakan pembedahan berupa pembersihan didalam dinding rahim, sedangkan bagian yang di kuret yaitu lapisan yang menebal dikarenakan pembuahan ovum yang terjadi bantalan untuk janin atau dikenal dengan endometrium.

Pastinya anda sering bertanya-tanya dan penasaran apakah kuret berdampak pada kesuburan? Nah seringkali ini berdampak pada kesehatan wanita. Meskipun dampaknya berbeda-beda. Intinya ketika anda salah satu wanita yang sudah mengalami kuret normalnya tubuh akan mengalai produksi hormone esterogen dan juga progesterone yang dapat membuat wanita mengalami siklus datang bulan seperti biasanya. Adapula yang tidak mengalami datang bulan pasca terjadinya kuret. Dengan melakukan kuret siklus datang bulan anda akan tidak stabil. Untuk itu dokter akan memeriksakan yang berhubungan dengan hormone untuk mengetahui hubungan hormone dengan kesuburan pada pasien tersebut.

Walaupun dianggap aman melakukan kuret akan tetapi dalam melakukan prosesnya harus sesuai dengan prosedur dan indikasi yang seharusnya. Sehingga mengurangi kondisi yang buruk, seperti gangguan siklus datang bulan yang berlanjut akan menyebabkan terjadinya asherman’s syndrome dimana terbentuknya perlengketan atau adhesi intrauterine yang umumnya disebabkan oleh luka yang akan berkembang pasca operasi rahim.

Namun disini anda perlu mencatat dan jangan langsung menyimpulkan bahwa tidak datang haid akan menyebabkan gangguan hormone, anda dapat menggunakan test pack ketika tidak mengalami datang bulan setelah dua bilan pasca kuret. Salah satunya berharap yang terjadi adalah terjadinya kehamilan. Jika anda yang ingin melancarkan haid untuk menunjang kesuburan sebaiknya memperbaiki asupan gizi dan juga menghindari stress. Dengan fikiran yang tenang dan seimbang maka akan membuat kondisi tubuh menjadi seimbang dan memicu hormone pengatur siklus menstruasi normal kembali. Tidak semua wanita yang mengalami kuret berimbas atau endingnya mengalami / bermasalah di kesuburan. Gangguan kesuburan dapat ditandai dengan adanya menstruasi yang tidak teratur.

Reply