Bagaimana Cara Membersihkan Hidung Bayi Dari Kotorannya

Bagaimana Cara Membersihkan Hidung Bayi Dari Kotorannya

Kebersihan bayi mulai dari hidung, telinga, mata harus selalu diperhatikan ya bunda. Cara membersihkan hidung bayi, ini perlu menjadi catatan kondisi bayi yang sehat biasanya di mulai dari kebersihan dari tubuh si bayi itu sendiri. Dan anda sebagai orang tua wajib sekali untuk menjaganya. Bukan hanya hidung namun anda harus menjaga kebersihan hidung anda, karena hidung merupakan komponen yang penting.

Mungkin sebagian ibu sudah mengetahui bahwa kulit bayi sangat sensitive, termasuk daerah telinga juga hidung. Dan ketika ibu membersihkan hidung si kecil, maka anda dianjurkan untuk tidak mengoreknya terlalu dalam. Sama halnya ketika anda membersihkan telinga jangan terlalu dalam karena ini sangat bahaya. Dan untuk bagian hidung anda perlu membersihkannya kotoran yang hanya terlihat saja. dikarenakan hidung merupakan indera penciuman, dan jika anda mengorek terlalu dalam hingga meninggalkan luka, maka hal tersebut bisa merusak anatomi yang ada didalamnya.

Jika anda ingin membersihkan hidung si kecil, maka anda bisa membersihkannya kapan saja tidak harus menunggu si kecil sampai balita. Namun anda tetap berhati-hati dalam membersihkannya. Dan berikut ini kami akan berikan beberapa cara membersihkannya hidung bayi yang bisa anda terapkan, simak berikut ini :

  1. Ketika anda ingin membersihkannya, bersihkan dengan sangat pelan dengan menggunakan cotton buds guna menggapai kotoran yang hanya terlihat saja. anda bisa juga gunakan kain atau handuk yang lembut. Jangan lupa anda juga harus memastikan kalau keadaan tangan anda bersih guna menghindari perpindahan kuman yang tidak diinginkan.
  2. Anda hanya dianjurkan untuk membersihkan kotoran hidung yang terlihat saja, danjangan memaksakan diri untuk membersihkan area hidung yang terlalu dalam. Apalagi jika mengorek-orek sampai bagian dalam.
  3. Anda cukup membersihkan kotoran yang hanya terlihat saja. jika anda menggunakan handuk atau kain yang lembut, maka sebaiknya anda membasahiny dengan sedikit air yang bersih, sebelum anda mengusapkan pada hidung bayi.
  4. Ketika anda membersihkan bagian hidung si kecil, maka bersihkanlah secara perlahan dan hati-hati. Jika anda tidak hati-hati dikhawatirkan akan terjadi iritasi pada hidung bayi.

Itu dia beberapa cara yang harus anda perhatikan sebagai orang tua demi kebersihan hidung buah hati. Ada pula beberapa ahli yang menyebutkan bahwa hidung memiliki kemampuan untuk membersihkan kotoran sendiri tanpa harus kita membersihkannya. Namun bukan berarti anda membiarkan hidung bayi kotor tanpa membersihkannya ya. tidak repot kok karena anda perlu membersihkan kotoran hidung bayi yang hanya terlihat saja. semoga cara dari artikel kami bermanfaat ya, selamat mencoba.

Reply