Bagaimana Cara Memenuhi Keperluan Gizi Untuk Pembentukan Janin ?

Bagaimana Cara Memenuhi Keperluan Gizi Untuk Pembentukan Janin

Pola makan penting bagi ibu hamil dan harus selalu diperhatikan agar makanan yang di asup memiliki kandungan nutrisi serta gizi yang baik untuk pertumbuhan si janin yang berada didalam kandungan. Dengan memilih makanan yang sehat dan pola hidup yang baik tentu akan membuat bayis serta ibu hamil itu sendiri menjadi sehat dan juga memiliki tenaga dalam menjalankan aktivitas. Memilih makanan yang sehat dan juga bergizi memiliki  manfaat terutama untuk kebutuhan gizi untuk pembentukan janin yaitu :

  1. Sebagai sumber energy untuk ibu hamil serta janinnya selama 9 bulan dan juga sampai proses persalinan
  2. Turut membantu pertumbuhan janin, serta dapat memperbaiki jaringan tubuh dan organ tubuh lainnya
  3. Melindungi ibu hamil agar tidak terkena infeksi, anemia, komplikasi, dan penyakit lainnya selain itu dapat menjalankan fungsi janin dan system tubuh lainnya.

Jika kekurangan asupan selama masa kehamilan, dikhawatirkan akan menimbulkan berbagai resiko bagi ibu dan bayi nanti, misalkan perkembangan bayi tergganggu dan bayi beresiko lahir premature. Ada banyak gizi yang bisa kita peroleh dengan mudah dan kita asup selama masa kehamilan, ada kalori yang memang kita bisa temukan di karbohidrat, lemak nabati, hewani, serta sayur dan buah segar. Lalu protein yang dibutuhkan setiap harinya 60gr.

Protein ini sangat mudah kita dapatkan dalam daging merah, unggas, ikan, telur juga susu. Protein bagus untuk pembentukan sel darah serta sel sel baru pada janin. Asam Lemak seperti omega 3 dan 6 juga memiliki peranan penting dalam perkembangan otak pada janin dan dapat ditemukan pada sayuran, daging, kacang kedelai, ikan tuna, sarden, dan juga ikan salmon.

Lalu ada banyak pula vitamin yang memang turut berperan aktif dalam pembentukan janin, ada vitamin A, B1, B2, C, D, dan E yang masing-masing memiliki dampak yang positif bagi pertumbuhan janin. Kebanyakan vitamin ini dapat diperoleh lewat wortel, susu, daging, sayur, dan buah. Peran dari zat juga jangan dihiraukan karena zat ini sangat diperlukan oleh ibu hamil, seperti zat besi bagi yang memiliki anemia, asam folat untuk pembentukan janin agar lebih kuat pada trimester pertama, dan kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Kalian bisa menemukannya pada bayam, daging, susu, kacang-kacangan, dan lain-lain. Nah itu dia informasi yang dapat kami sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan juga silahkan dicoba untuk pembentukan calon buah hati ya.

Reply