Bagaimana Cara Memperbanyak ASI?

Bagaimana Cara Memperbanyak ASI

Rasanya sungguh bahagia ketika buah hati yang ditunggu-tunggu selama 9 bulan sudah hadir ditengah kehangatan keluarga anda dan memberikan kegembiraan yang sulit di ucapkan dengan kata-kata. Rasa banggapun semakin dirasakan karena sudah berhasil merawat tumbuh kembangnya selama didalam kandungan. Setelah bayi lahir kedunia tentu anda sudah semakin lengkap menjadi perannya sebagai orang tua. Memberikan ASI adalah sumber nutrisi yang paling baik untuk buah hati anda. Memberikan ASI esklusif diberikan pada usia 0-6 bulan minimal, sedangkan untuk maksimalnya pemberian ASI disesuaikan dengan anak anda bahkan ada ibu memberikan ASInya sampai usia 2tahun lebih namun harus dibiasakan sudah harus lepas ASI ya.

ASI adalah kebutuhan buah hati anda yang bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. ASI merupakan nutrisi yang mengandung komposisi gizi yang lengkap dan seimbang. Kandugan zat antibody akan membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Pemberian ASI dapat membantu menyelamatkan buah hati anda dari infeksi karena tubuh bayi yang membutuhkan perlindungan. ASI sumber gizi yang ekonomis dan praktis ini akan berdampak juga untuk psikologis anak.

Pengaruh ASI yang dapat membantu anak mengurangi resiko obesitas yang dimana harus mendapatkan perhatian khusus. Tingginya angka obesitas pada anak dapat menyebabkan beberapa penyakit akan muncul di usianya yang masih belia. Dengan ASI resiko obesitas pada anak dapat dikurangi. Untuk itu penting sekali menjaga dan memberikan ASI esklusif pada buah hati anda. Nah banyak ibu baru saja melahirkan mengatakan bahwa ASInya belum keluar nah ini perlu dikenali keluarnya ASI yaitu ketika keluarnya kolostrum dalam jumlah kecil namun akan tetap sangat penting karena ini merupakan antibody untuk bayi. Keluarnya ASI setelah 1-3hari kelahiran. Kondisi bayi akan bertahan 72jam tanpa mengkonsumsi apapun termasuk ASI. Dan ini normal terjadi.

Namun ini perlu diperhatikan jika ASI tidak keluar, penting sekali ibu hamil untuk tetap menyusui. ASI juga bisa membersihkan pencernaan pada bayi untuk membantu keluarnya kotoran bayi saat pertama kali. Ada beberapa factor mengapa ASI sulit keluar:

  1. Factor asupan gizi ibu yang kurang terpenuhi sehingga keluarnya ASI sedikit.
  2. Kesehatan ibu menyusui sedang mengalami gangguan sehingga tidak menunjang produksi ASI dan sebaiknya lakukan factor hormonal dan istriahat yang cukup itu perlu menjadi perhatian khusus.
  3. Ibu merasakan hal yang tidak nyaman sehingga mengganggu keluarnya hormone oksitosin seperti perasaan kesal, cemas, marah, takut, sedih.
  4. Kecapekan atau kelelahan dan terlalu banyak fikiran menjadi pemicu sulitnya keluar ASI.

Lalu bagaimana cara memperbanyak ASI, simak berikut ini:

  1. Ibu bisa memberikan ASI sesering mungkin walaupun ASI yang dikeluarkan tidak banyak namun dengan cara ini akan merangsang produksi ASI dan ini akan meningkat. Anda dapat meningkatkan frekuensi menyusui bayi. Semakin sering penyaluran ASI maka ini akan meningkat dengan cara sendiri.
  2. Anda bisa memberikan kesempatan bayi anda untuk mengkonsumsi ASI dalam waktu lama. Tujuannya yaitu untuk mengosongkan ASI yang telah diproduksi sehingga ini akan merespon produksi ASI selanjutnya. Untuk itu tidak perlu anda membuatkan jadwal menyusui karena memberikan saat bayi anda perlukan saja.
  3. Berikan ASI bergantian agar bayi tidak merasa bosan. Setelah bagian kiri anda bisa berikan bagian kanan. Bayi akan menyesuaikan dengan cara menghisap. Sebenarnya fungsi utamanya yaitu untuk mengalirkan produksi ASI dan bisa diproduksi kembali.
  4. Memberikan pijatan yang benar dan tepat untuk memperbanyak ASI. Caranya yaitu pangkal buah dada ditekan dinding dada dengan menggunakan kedua jari anda lalu anda dapat melakukan gerakan melingkar pada bagian payudara selama beberapa detik dan dilanjutkan dengan memindahkan jari pada daerah berikutnya. Anda dapat memijat dengan mengarahkan pijatan memutar kearah puting.
  5. Anda bisa memompa ASI setelah selesai menyusui terutama jika anda merasa ASI masih banyak. Ini bertujuan untuk menstimulasi produksi ASI dibandingkan apabila anda melakukan bergantian.
  6. Buatlah suasana tenang dan rileks ini penting sekali untuk membuat bayi anda lebih lama menyusui. Anda bisa memberikan sentuhan lembut, mengobrol sambil memberikan belaian untuk memicu hormone oksitosin yang berperan dalam memproduksi ASI.
  7. Jangan lupa untuk anda rajin mengkonsumsi air putih bisa juga anda minum jus buah dan sayur yang sekedar direbus atau dioven karna membantu memperbanyak ASI. Hindari merokok karena ini bisa menghambat dan berpengaruh negative yang berbahaya bagi buah hati. Hindari juga makanan dengan kandungan kafein yang dapat menimbulkan pengaruh yang buruk untuk bayi.
  8. Rileks dan santai saat menyusui kunci dari memperbanyak ASI. Ketika anda mengalami stress berat ini sangat berpengaruh menurunkan kemampuan alami dalam memproduksi ASI. Ibu menyusui harus banyak istirahat untuk bisa memberikan ketenangan pada diri dan untuk memproduksi ASI agar meningkat.
  9. Terkadang orang tua akan berada pada posisi cemas ketika ASI tidak lancar dan memilih untuk memberikan susu formula dan ini harus dihindari ya karena ini justru menyebabkan kondisi semakin tidak lancar. Karena bayi akan malas untuk minum ASI lagi dan merasa bingggung akan rasa dan ini menyebabkan volume ASI berkurang karena respon dari bayi tidak sepenuhnya merasakan.

Itu dia beberapa ulasan yang bisa kami jelaskan tentang pentingnya memberikan ASI untuk buah hati dan bagaimana cara memperlancar ASI untuk buah hati anda. Semoga bermanfaat dan menjadikan wawasan informasi untuk anda bisa bagikan kepada banyak orang. Semangat bunda.

Reply