Bagaimana Cara Mengatasi Air Ketuban Keruh

Bagaimana Cara Mengatasi Air Ketuban Keruh

Anda salah satu ibu yang sedang hamil? Tentu kehamilan merupakan anugerah yang harus selalu di syukuri agar anda dan bayi anda didalam kandungan bisa bertumbuh dengan baik dan sehat. Ketika usia kehamilan anda sudah mau mendekati proses persalinan tentu kelahiran normal menjadi focus utama yang di idamkan oleh ibu hamil. Ketika bayi tumbuh dengan sehat dan proses persalinan diberikan kelancaran tentu ini merupakan anugerah yang sangat berharga dan akan menjadi moment tidak terlupakan. Namun tidak semua ibu hamil bisa mewujudkan impiannya ketika ingin melahirkan normal. Dan ketika anda ingin melahirkan buah hati ke dunia juga berpotensi terkena masalah yaitu kelahiran bayi premature dan ketuban keruh. Dan ini perlu menjadi catatan ketuan warna keruh dapat membahayakan janin. Dan kali ini kami akan membahasnya cara mengatasi air ketuban keruh, simak berikut ini :

Namun adapun fungsi air ketuban sebagai berikut :

  1. Cairan ketuban melindungi janin dari infeksi maupun gangguan yang ditimbulkan dari luar.
  2. Berperan penting dalam proses perkembangan janin didalam dinding rahim.
  3. Kenyamanan janin dapat terjaga karena air ketuban dapat menjaga kestabilan suhu.
  4. Air ketuban dapat membantu janin dapat bergerak aktif didalam kandungan.

Penyebab yang terjadi ketika air ketuban keruh, yaitu :

  1. Infeksi terjadi akibat pecahnya air ketuban sebelum waktunya. Jika ini sudah terjadi sebaiknya proses kelahiran dipercepat agar tidak membahayakan ibu hamil ataupun janin. Pecahnya air ketuban dapat mengakibatkan kuman masuk dan dapat menyerang janin. Janinpun yang sudah terkena infeksi ini dapat mengalami kelainan.
  2. Kehamilan yang terlalu lama. kelahiran bayi pada umumnya dialami setelah 37 minggu-42 minggu. Ada beberapa ibu mengalami terlalu lama melahirkan dan bayi didalam kandungan mengalami plasentanya tidak memiliki fungsi lagi. Fungsi plasenta yang tidak ada lagi dapat menyebabkan bayi kekurangan suplai oksigen jika terlalu lama dibiarkan akan menyebabkan ketuban pecah sebelum waktunya dan dapat menyebabkan infeksi seperti yang sudah dijelaskan.

Ini menjadi informasi penting yang harus disimak, normalnya air ketuban berwarna bening. Jika air ketuban berubah menjadi hijau berarti air ketuban sudah keruh. Adapun hal yang berakibat kepada bayi anda yaitu kulit bayi tampak berkeriput. Berkeriput ini dikarenakan infeksi yang diakibatkan air ketuban pecah. Air ketuban keruh jangan dianggap sepele dan gampang karena ini dapat menyebabkan bayi keracunan. Keracunan yang disebabkan oleh air ketuban dapat menyebabkan paru-paru bayi terdapat cairan. Untuk itu sangat dihimbau ibu hamil dapat menjaga kesehatan ibu dan janinnya menjadi prioritas. Karena ketika menjaganya dengan baik kesehatan ibu dan janin dapat membantu mengurangi efek ketuban warna keruh. Adapun solusi dan mencegah air ketuban keruh dengan rutin dan rajin mengkonsumsi air kepala muda. Karena air kepala muda dapat membersihkan rahim dan menjaga air ketuban agar tetap stabil. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan memberikan wawasan untuk ibu yang memang belum faham ataupun yang sudah faham.

Reply