Bagaimana Cara Mengatasi Kaki Yang Sering Kram Saat Hamil?

Bagaimana Cara Mengatasi Kaki Yang Sering Kram Saat Hamil

Bagi anda yang akan menjadi calon ibu atau yang sudah menjadi seorang ibu tentu mengalami dan melewati proses kehamilan ada senang, sedih, tidak enak dan lain-lain. bagi anda yang memasuki trimester akhir seringkali mengeluhkan perubahan fisiknya, perubahan fisik ibu hamil dapat memicu beberapa gangguan kecil yang membuat ibu hamil tidak nyaman. Ketika anda bangun tidur posisi yang tidak berubah selama beberapa waktu atau berjalan terlalu jauh kadang-kadang membuat ibu hamil kesemutan bahkan hingga kram. Pertanyaannya normalkah ibu hamil mengalami kram saat hamil atau selama kehamilan? Dan bagaimana cara mengatasi kaki yang sering kram saat hamil, simak berikut :

Rasa tegang yang dialami oleh otot betis membuat ibu hamil mengalami ketidaknyamanan. Semakin berkembangnya pertumbuhan janin tentu semakin berat beban yang ditanggung oleh ibu dan ini membuat pembuluh darah balik yang berada dipangkal panggul merasa tertekan sehingga menyumbat peredaran darah ke kaki. Dan ini membuat sirkulasi darah menjadi lamban didaerah kaki ini sebabkan kaki sering kram saat hamil. Tentunya kaki kram saat hamil datangnya tiba-tiba sehingga anda harus segera sigap dalam menanganinya.

Simak berikut ini tips sederhana yang dapat membantu anda dalam mengatasi kram pada kaki saat hamil:

  • Pertama perlahan-lahan anda dapat meluruskan tumit dan kaki sehingga lebih rileks.
  • Kedua lakukan pijatan otot kaki yang sedang kram secara perlahan dan lembut.
  • Ketiga apabila mengalami kram ketika duduk atau tidur maka anda dapat menggerakan jari-jari kaki kea rah atas secara perlahan. Anda bisa bangun secara perlahan agar kaki terasa rileks dan rasa kram berkurang.
  • Itu beberapa cara-cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa kram pada kaki yang sering kali membuat anda tidak nyaman.

Adapun cara pencegahan agar tidak terjadi terlebih dahulu, seperti pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati, simak berikut yang bisa anda lakukan :

  • Konsumsi air putih yang cukup, ini menghindari dari terjadinya dehidrasi dan melancarkan darah.
  • Mulailah mengatur makanan yang mengandung mineral dan kalsium yang cukup bisa anda dapatkan dari susu, yogurt, dan sayuran hijau.
  • Hindari menggunakan sepatu yang berhak tinggi, ini akan memberikan tekanan pada ujung kaki dan juga betis sehingga beresiko kram kaki.
  • Hindari berdiri terlalu lama, selama kehamilan beban anda menjadi dua kali di bandingkan keadaan normal dan ini memicu kram pada kaki.
  • Lakukan peregangan kaki, sesekali anda dapat memutar persendian searah jarum jam dan sebaliknya.

So semoga tips diatas dapat membantu anda untuk mengatasi dan melakukan pencegahan kram pada kaki. Semoga bermanfaat.

Reply