Bagaimana Cara Mengatasi Nafas Cepat Saat Hamil, Yang Sering Terjadi

Bagaimana Cara Mengatasi Nafas Cepat Saat Hamil, Yang Sering Terjadi

Masa-masa kehamilan yang pernah anda rasakan tentu bukan suatu hal yang mudah, namun ketika masa kehamilan itu sudah berlalu tentu di moment-moment itu anda mengingatnya dan kangen akan kenangan itu. Selama kehamilan sering kali mengeluhkan beberapa kondisi yang berhubungan dengan fisik dan psikis ibu hamil. Tentu saja anda sebagai ibu hamil atau yang sedang merencanakan kehamilan pastinya sudah tau yang namanya morning sick yang sering kali dialami oleh ibu di kehamilan usia muda. Cenderung ibu hamil akan mengalami yang namanya sensitive dalam berbagai hal.

Sering kali ibu hamil mengalami sesak nafas sehingga menyebabkan nafas terengah-engah. Apakah dalam kondisi ini normalkah? Dan cara mengatasi nafas cepat saat hamil? Kesulitan bernafas pada suatu kondisi dimana anda sedang memasuki kehamilan akhir sering kali dialami oleh ibu hamil. Kondisi ini bukan merupakan tanda kehamilan bermasalah apabila masih bisa di atasi dengan rileksasi dan istirahat. Walaupun demikian kondisi ini seringkali membuat ibu hamil menjadi tidak nyaman dan menggangu aktivitas. Penyebab ibu hamil nafas cepat dan terengah-engah karena terjadinya perubahan hormonal selama kehamilan. Perubahan hormonal akan mempengaruhi tubuh ibu hamil. Ditambah dengan posisi janin pada kehamilan trimester pertama hingga kedua yang maish berada di atas menyulitkan bernafas dibanding pada trimester akhir, hal ini berhubungan dengan rahim yang memberikan tekanan pada diafragma. Walaupun ini kondisi yang sering dialami ibu hamil namun tidak ada salahnya untuk memberikan kenyamanan selama beraktivitas. Sehingga bisa memilih berbagai aktivitas yang tidak terlalu memaksakan. Simak berikut ini cara mengatasinya :

  1. Lakukan latihan pernafasan ketika anda bersantai, dikantor atau disela-sela kegiatan. Pertama-tama tarik nafas secara dalam semampu anda, kemudian tahan nafas selama dua sampai tiga detik kemudian keluarkan secara perlahan. Hitung-hitung anda latihan mempersiapkan persalinan.
  2. Lakukan duduk tegak dengan menjaga bahu agar dalam posisi yang benar sehingga memberikan kenyamanan pada saat anda menarik nafas.
  3. Anda dapat berlatih bernafas diatas tempat tidur, caranya dengan menggunakan tambahan bantal untuk menopang anda lalu lakukan latihan pernafasan.
  4. Hindari aktivitas yang berat, beberapa kegiatan yang menyita waktu anda dan membuat anda stress akan memperparah kondisi anda.

Jika anda mengalami gangguan pernafasan yang berbahaya segera konsultasikan ke dokter dan pada ahli medis untuk mendapatkan penanganan. Stay healty dan tetap semangat menanti calon buah hati lahir kedunia.

Reply