Bagaimana Cara Mengenali Herpes Pada Ibu Hamil Dan Penanganannya

Bagaimana Cara Mengenali Herpes Pada Ibu Hamil Dan Penanganannya

Saat hamil tentu kita mengharapkan bahwa bayi yang akan dilahirkan nanti sehat dan juga normal, terhindar dari segala penyakit serta menghindari yang namanya keguguran, Bahkan kalau bisa membuang pikiran buruk tersebut jauh-jauh. Namun, ada berbagai alasan kenapa penyakit selalu mengintai diri wanita hamil serta janin yang dikandungnya. Maka dari itu wanita hamil perlu berwaspada jika pergi keluar rumah karena bisa saja virus tersebar melalui udara atau orang asing yang berbicara dengan anda. Ibu hamil juga harus mewaspadai salah satu penyakit yang bernama Herpes. Apa itu Herpes??

Penyakit Herpes dibedakan menjadi dua yaitu herpes simpleks dan juga herpes zoster. Herpes simpleks umumnya menyerang bagian mulut serta bibir bahkan ada juga yang bersarang di kelamin sedangkan pada herpes zoster, penyakit ini menyerang bagian kulit badan dan biasanya menyerang satu sisi tubuh saja. Herpes dapat menyebabkan keguguran, penularan virus dari kulit kelamin ibu ke bayi pada saat persalinan serta kerusakan syaraf janin.

Herpes masuk kedalam kelompok penyakit TORCH yang merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus hingga menganggu kehamilan. Ibu hamil seringkali mengalami herpes genital yaitu virus yang menyebarkan herpes melalui aktivitas seksual dari terinfeksi. Apabila seroang pria yang terinfeksi virus herpes maka dapat ditularkan melalui cairan sperma ke kelamin wanita tersebut. maka ada baiknya jika sebelum melakukan aktivitas seks, kedua pasangan tersebut memeriksakan kesehatan kelamin di rumah sakit agar terhindar dari kemungkinan-kemungkinan buruk yang akan terjadi. Namun, biasanya penyebaran virus herpes ini banyak ditemui oleh remaja puti, apabila dibiarkan tentu akan berpotensi untuk kambuh kembali dan terkena infeksi sehingga virus akan selamanya bersarang ditubuh kita. Berikut ada gejala gejala yang dialami oleh ibu hamil yang terserang penyakit herpes atau biasa disebut herpes pada ibu hamil :

  1. Mengalami bisul dengan warna kemerahan dan menyerupai cacar pada kulit
  2. Wanita akan mengalami nyeri yang tak tertahankan
  3. Ibu hamil mengalami demam dan juga flu
  4. Mengalami sakit kepala dan gemeteran

Meskipun demikian tidak setiap virus herpes dapat menandakan gejala. Bagi ibu hamil yang terkena herpes, akan sulit untuk mempunyai kekebalan tubuh yang optimal untuk perlindungan bayi. Padahal ketika melahirkan tubuh bayi akan bersinggungan dengan alat kelamin ibu yang dapat membuatnya tertular. Penanganannya adalah para wanita hamil yang terkena herpes dapat melakukan pemeriksaan rutin untuk mengamati perkembangan herpes lalu diberikan antivirus. Ada beberapa pencegahan yang perlu diketahui oleh ibu hamil agar tidak terkena penyakit herpes.

  1. Anda bisa memulai untuk memisahkan peralatan bayi dengan peralatan pribadi. Misalnya handuk ibu yang terinfeksi herpes dengan alat mandi bayi
  2. Disarankan untuk menjaga kebersihan alat makan bayi sehingga terhindar dari virus.
  3. Cucilah tangan setelah menyentuh luka atau toilet sebelum menyentuh bayi
  4. Apabila herpes kambuh di area mulut, jaga jarak mulut anda dengan bayi serta hindari mencium bayi
  5. Letakkan handuk yang bersih dan lembut untuk membatasi diri anda dengan sang bayi ketika bersentuhan dengan kulit
  6. Hindari juga menyentuh bayi secara langsung saat ibu terkena herpes

Nah itulah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan mengenai apa itu herpes, penyebab, pencegahan, serta penanganannya agar tidak menular bagi sang buah hati. Semoga artikel ini membantu ya dan tetap jaga pola makan dan pola hidup

Reply