Bagaimana Cara Menghilangkan Sakit Kepala Saat Hamil Muda?

Bagaimana Cara Menghilangkan Sakit Kepala Saat Hamil Muda

Pastinya setiap ibu hamil selalu mempunyai keluhan di setiap perkembangannya ini hal yang wajar karena ibu mengandung selama 9 bulan tidak mudah. Dan keluhan yang sering kali di alami oleh ibu di usia kehamilan muda yaitu sakit kepala yang dapat menggangu aktivitas. Bahkan ada beberapa ibu yang tidak bisa tertahankan sakit kepala dan akhirnya harus mendapatkan penanganan khusus. Ibu hamil yang mengalami sakit kepala tidak boleh sembarangan mengkonsumsi obat karena akan menggangu tumbuh kembang janin. Dan saat ini kami akan membahas bagaimana cara menghilangkan sakit kepala saat hamil muda dan juga pengobatan harus sesuai dengan resep dokter.

Tentunya anda bertanya-tanya apakah kondisi ini umum dialami selama kehamilan? Sakit kepala pada usia kehamilan muda atau trimester pertama memang sangat seringkali menjadi keluhan ibu hamil, ini dikarenakan tegang jenis yang paling umum terjadi pada ibu hamil. Ibu hamil merasakan sakit seperti sakit meremas atau rasa nyeri yang tidak tertahankan di kedua sisi kepala atau bagian belakang leher yang sering dirasakan. Dan ini tanpa kalian sadar berakibat buruk pada kesehatan ibu dan janin.

Penyebab utama terjadinya sakit kepala pada ibu hamil di usia muda memang belum bisa di temukan apa yang pasti dari penyebabnya namun ini pengaruh perubahan hormone selama kehamilan. Peningkatan volume darah dan sirkulasi juga dapat memainkan peran, khusus pada awal kehamilan. Dan harus waspada juga jika konsumsi kafein dapat memicu rasa pusing pada ibu hamil muda, penyebab lainnya yaitu kurang tidur atau kelelahan umum kemacetan sinus, alergi, kelelahan mata, stress, depresi, kelaparan dan dehidrasi. Pada umumnya sakit kepala yang anda alami di trimester pertama akan hilang dan berkurang dengan sendirinya. Salah satu penyebabnya karena di trimester kedua, ibu hamil mengalami hormone yang lebih stabil dibandingkan pada trimester pertama. Tantangan terbesar ya memang di trimester pertama dimana semua ibu mengalami keluhan yang menggangu aktivitas.

Apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi sakit kepala pada ibu hamil?

  • Yang pertama cari tahu apa yag memicu rasa sakit kepala anda bisa menuliskan apa saja yang di konsumsi selam 24 jam sebelum terjaid migraine. Anda dapat mencatat apalagi bila sering mengalami rasa sakit kepala setiap hari ketika usia kehamilan anda.
  • Kedua menghindari makanan pemicu migrant ketika rasa sakit terasa anda dapat menghindari makanan yang mengandung MSG, nitrit dan nitrat yang pada umumnya sering ditemukan didaging seperti olahan hot dog, burger dll. Hindari pemanis buatan, kacang-kacangan, dan beberpa ajenis keju seperti buttermilk, buah-buahan segar seperti pisang, papaya, alpukat dan jeruk. Bahkan beberapa kondisi seperti mendengar suara keras, panas yang berlebihan atau bau yang menyengat.
  • Ketiga gunakan kompres mengurangi sakit kepala pada ibu hamil anda dapat kompres, bisa gunakan air hangat atau dingin. Namun saran dari kami gunakan air dingin apabila sakit kepala sering dialami di usia kehamilan anda. Bisa juga anda menggunakan aroma terapi yang bisa membuat anda rileks dan membantu mengurangi rasa sakit.
  • Mandi untuk beberapa penderita migraine mandi menggunakan air dingin dapat membantu mengurangi rasa sakit. Jika kondisi anda tidak memungkinkan untuk mandi, anda bisa lakukan dengan melakukan percikan air dingin pada wajah anda. Menurut semua orang yang menderita migraine akan membaik setelah mandi dengan air dingin.
  • Hindari berpergian dalam kondisi laper atau haus, ketika gula darah anda rendah ini pemicu sakit kepala, maka anda dapat menyimpan beberapa makanan dengan porsi yang kecil, atau cemilan sehat namun tidak berat. Hindari makanan yang mengandung gula buatan seperti permen, ini akan menyebabkan gula darah anda mengalami gangguan.
  • Menghindari kelelahan tentu ketika seseorang merasakan lelah yang luar biasa yang di serang pasti sakit kepala, cobalah ketika sibuk dengan aktivitas anda, anda sempatkan tidur siang di sela aktivitas anda. Cobalah dengan kondisi ruangan gelap / redup ini akan mengurangi rasa sakit kepala pada ibu hamil di usia muda.
  • Aktivitas fisik selama kehamilan sudah terbukti bahwa olahraga mengurangi frekuensi dan tingkat migraine dan juga mengurangi stress yang dapat menyebabkan kepala sakit tidak perlu melakukan olahraga yang berat namun cobalah yang ringan namun teratur.

Jika ibu hamil sering mengalami sakit kepala secara terus menerus apakah akan menyebabkan gangguan pada tumbuh kembang janin? Kebanyakan sakit kepala selama kehamilan tidak membuat ibu hamil nyaman akan tetapi tidak berbahaya. Kecuali jika masalah sakit kepala anda semakin menjadi dan semakin parah, segera konsultasikan ke dokter demi mengetahui cara yang terbaik dalam menyembuhkan keluhan sakit kepala atau migrant yang sering dialami ibu hami yang membuat kamu jadi tidak nyaman melakukan berbagai aktivitas. So tetap sehat dan selalu utamakan kesehatan anda dan janin.

Reply